Vivo Z1X, Smartphone Kelas Menengah Dengan Triple Kamera dan Layar Super Bening

Vivo Z1X akhirnya resmi diperkenalkan pada tanggal 6 September 2019 di India. Smartphone kelas menengah dari Vivo ini memang memiliki tampilan yang hampir mirip dengan seri Z1 Pro.

Namun meskipun tampilannya hampir mirip, Vivo Z1X ini memiliki lebih banyak peningkatan dari seri Z1 Pro. Lalu apa saja yang ditingkatkan pada Vivo Z1X ini? Simak spesifikasi lengkap beserta kisaran harga jual dari Vivo Z1X di dalam artikel ini.

Desain Layar Vivo Z1X

Jika dibandingkan dengan Z1 Pro, jelas yang pertama membedakan Vivo Z1X bisa dilihat pada bagian desain layarnya.

Vivo Z1X ini menggunakan desain layar berponi sedangkan Z1 Pro menggunakan desain layar berlubang untuk mengakomodasi kamera depannya.

Namun meskipun menggunakan desain layar yang terbilang cukup kuno, Vivo Z1X ini dibekali layar berukuran 6.38 inch berteknologi Super AMOLED dengan screen to body rasio 83.3%.

Resolusi layar Vivo Z1X ini juga sudah mendukung resolusi full HD+ yaitu 1080 X 2340 piksel dengan aspek rasio 19.5:9.

Sebagai tambahannya, pada layar Vivo Z1X ini juga sudah dilengkapi dengan fitur always on display serta flash in display fingerprint scanner yang mampu mendeteksi sidik jari hanya dalam waktu 0.48 detik saja.

Chipset dan GPU Vivo Z1X

Untuk SOCnya, Vivo Z1X ini dibekali dengan SOC kelas menengah terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 712 yang sudah memiliki 8 inti dengan 2 inti berkecepatan 2.3 Ghz dan 6 inti berkecepatan 1.7 Ghz.

fitur spek hp android vivo z1x 630x380 » Vivo Z1X, Smartphone Kelas Menengah Dengan Triple Kamera dan Layar Super Bening

Pada bagian GPU, Vivo menyematkan GPU Adreno 616 yang memang masuk kategori GPU yang biasa digunakan untuk smartphone kelas menengah.

Vivo Z1X ini juga langsung dibekali dengan sistem operasi Android 9 atau Pie dengan sistem UI Funtouch 9.1.

Memori Internal dan RAM Vivo Z1X

Untuk penyimpanan datanya, Vivo Z1X ini tersedia dalam 2 pilihan yaitu dengan memori internal berkapasitas 64 GB dan 128 GB. Sedangkan untuk kapasitas RAM, Vivo Z1X ini hanya tersedia dalam pilihan RAM berkapasitas 6 GB saja.

Bagi anda yang kurang puas dengan kapasitas memori internalnya, anda juga masih bisa menambahkan microSD di dalam Vivo Z1X ini. Maksimal kapasitas microSD yang bisa ditambahkan di dalam Vivo Z1X ini adalah 256 GB.

Kamera Utama dan Sekunder Vivo Z1X

Selain peningkatan pada bagian layar, Vivo Z1X ini juga mengalami peningkatan pada bagian kameranya. Vivo Z1X ini sudah dibekali dengan triple kamera di bagian utama serta 1 buah kamera sekunder yang cukup mumpuni untuk digunakan selfie.

Triple kamera di bagian belakangnya terdiri dari 1 lensa 8 MP super wide yang disematkan teknologi AI di dalamnya, 1 lensa 48 MP dengan sensor Sony IMX582, dan lensa 2 MP untuk menciptakan efek bokeh.

Pada bagian depan atau kamera selfienya, Vivo Z1X ini dibekali dengan 1 lensa 32 MP dengan aperture f/2.0.

Selain dilengkapi dengan sensor kamera dari Sony, Vivo Z1X ini juga dibekali dengan banyak fitur fotografi menarik di dalamnya. Beberapa fitur fotografi yang bisa anda gunakan di Vivo Z1X adalah seperti fitur:

  • AI Filter
  • Backlight HDR
  • Time Lapse Photography
  • AI Beauty
  • Live Photo
  • Night Mode
  • AR Sticker
  • Slow motion video shooting

Kapasitas Baterai Vivo Z1X

Vivo Z1X memang tidak bisa dikatakan mendapatkan peningkatan pada bagian baterai. Pasalnya, kapasitas baterai Vivo Z1X ini memang lebih kecil jika dibandingkan dengan Z1 Pro.

Kapasitas baterai yang digendong di dalam Vivo Z1X ini hanya 4.500 mAh Li-Po non removable. Namun meskipun kapasitas baterainya sedikit lebih kecil, Vivo Z1X ini dibekali dengan fitur Vivo Flash Charge 22.5W.

Dengan adanya fitur Vivo Flash Charge 22.5W tersebut, Vivo Z1X ini bisa discharge dari kondisi kosong sampai penuh hanya dalam waktu 3 menit saja.

Fitur-Fitur Tambahan di Vivo Z1X

Selain spesifikasi utamanya yang begitu menarik, Vivo Z1X yang rencananya hanya akan dijual dengan harga mulai 3,3 juta Rupiah ini juga akan dibekali dengan berbagai fitur tambahan seperti:

  • Efek 4D in game vibration yang dapat meningkatkan experience anda ketika bermain game mobile menggunakan Vivo Z1X.
  • Sudah mendukung koneksi 4G VoLTE.
  • Sudah dilengkapi dengan port USB tipe C.
  • Masih dibekali dengan jack audio 3.5 mm.

Sampai saat ini, memang kemungkinan besar Vivo Z1X ini baru akan dipasarkan di India saja. Namun tidak menutup kemungkinan jika beberapa bulan lagi, Vivo Z1X ini akan mulai dipasarkan di Indonesia juga.