Tips Sederhana Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Tips Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka – Google Play Store merupakan gudangnya aplikasi yang aman dan legal di android. Fungsinya sangat penting sehingga jika mengalami error akan menghambat kinerja android kita. salah satu masalah error yang paling sering di Play Store adalah tidak bisa dibuka. Play Store akan kembali menutup sendiri setelah dibuka. Atau bisa jadi aplikasi tidak bisa melakukan unduhan karena kembali secara otomatis. Agar tidak berlarut-larut, anda mesti mengatasi masalah satu ini secepat mungkin. Jangan sampai terlambat karena bisa memperparah masalah.

Mengatasi masalah tersebut bisa dengan beberapa cara. Mulai dari paling ringan sampai melakukan refresh akun Google anda. Sebab error pada Play Store bisa dikarenakan internet yang lambat, cache menumpuk, error pada akun google anda, hingga penyimpanan yang sudah mulai penuh. Anda bisa mengatasinya mulai dari cara paling ringan sampai yang paling berat agar penyebabnya bisa kita ketahui secara pasti. Berikut ulasan selengkapnya untuk tips mengatasi Play Store tidak bisa dibuka.

solusi google playstore tidak bisa dibuka » Tips Sederhana Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Berbagai Tips Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

  1. Matikan perangkat

Pertama-tama cobalah matikan terlebih dulu perangkat android anda. Setelah itu lepaskan baterai ponsel jika jenisnya removable. Jika baterai tanam, cukup lepaskan microSD dan SIM Card saja. Tujuan cara tersebut agar chipset tidak menerima daya baterai sehingga perangkat beristirahat sejenak. Setelah didiamkan beberapa saat, pasang semua komponen kembali dan hidupkan smartphone. Jika masih error, cobalah lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Bersihkan cache Play Store

Terlalu banyak cache bisa membuat Play Store kesulitan mengakses perintah sehingga mengalami error. Untuk membersihkan cache, kita bisa menggunakan Clean Master. Jika ingin membersihkan cache secara manual, kita bisa masuk ke Pengaturan kemudian tekan Manajer Aplikasi. pilih Play Store dan tap Clear Cache. Coba buka Play Store kembali. Jika belum berhasil, coba cara selanjutnya.

  1. Force stop aplikasi

Melakukan force stop aplikasi berguna agar Play Store ter-reset ke awal sehingga aplikasi berjalan lebih optimal. Play Store yang berjalan di latar belakang bertugas memonitor tugas yang dilakukan termasuk ketika ada update aplikasi. Dengan melakukan reset, diharapkan error pada aplikasi ini bisa diatasi. Tekan Pengaturan, klik Manajer Aplikasi dan pilih Play Store. Tap Force Stop serta Clear Data.

  1. Log-out dan log-in kembali akun Google

Kemudian optimalkan cara ke-tiga dengan melakukan reset preferensi akun. Anda bisa log out kemudian log in kembali dari akun Google anda. Masuk ke Play Store dan tekan Settings. Kemudian pilih Accounts dan Google. Pilih akun yang anda gunakan. Tap Sync Settings di sudut kanan atas kemudian tekan Remove Account. Matikan smartphone dan log in lagi dengan cara yang sama.

  1. Gunakan internet berbeda

Masalah Play Store tidak bisa dibuka juga bisa disebabkan oleh internet yang error. Koneksi yang lambat akan berpengaruh pada kinerja laman satu ini. Jika ada keterangan Play Store No Connection, maka lakukan pengaturan On-Off pada paket data anda. Selain mengandalkan koneksi di paket data, kita bisa menggunakan Wifi sebagai alternatif internet yang berbeda.

Itu dia sejumlah tips mengatasi play store yang tidak bisa dibuka karena berbagai sebab. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.