Tips Meningkatkan Keamanan di Hp Android

Uponsel.com-Tips Meningkatkan Keamanan di Hp Android-Tanpa kita sadari, kita menggunakan ponsel untuk segalanya seperti membalas chat, menelpon, akses media sosial dll . Ponsel kita membawa banyak data dan informasi. Kita juga menggunakannya untuk login ke semua akun pribadi. Hal  Ini menjadikan ponsel kita kemungkinan menjadi target utama bagi orang yang tidak bertanggung jawab. Inilah sebabnya mengapa kita perlu melakukan sebanyak mungkin untuk meningkatkan keamanan individu di ponsel kita. Saat ini, hampir dari pasar smartphone berbasis Android. Jika Anda memiliki Android, Anda dapat membaca selengkapnya tentang cara mengoptimalkan keamanan Anda.

Pengaturan dan Pembaruan Keamanan

Pertama-tama, Anda harus melihat pengaturan keamanan ponsel Anda dan memastikan bahwa itu mutakhir. Pastikan untuk membatasi akses software Anda seperti aplikasi sebanyak mungkin. Anda harus selalu memastikan untuk selalu memperbarui sistem software di ponsel Anda, termasuk pembaruan keamanan teregulasi terbaru dan memastikan bahwa perangkat Anda dienkripsi.

Gunakan Otentikasi Dua faktor

Hal penting lainnya adalah meningkatkan keamanan tidak hanya pada ponsel Anda sendiri tetapi pada semua aplikasi Anda. Ini berarti memperbarui semua kata sandi Anda dan mengaktifkan otentikasi dua faktor jika memungkinkan. Otentikasi dua faktor adalah tindakan keamanan yang sangat efektif di mana Anda menambahkan metode verifikasi selain kata sandi Anda. Ini bisa berupa sidik jari atau nomor telepon

Tinjau Izin Aplikasi

Salah satu hal yang banyak orang lupakan adalah izin data yang pernah mereka setujui saat memasang aplikasi di ponsel mereka. Saat memperbarui keamanan, Anda harus meninjau kembali izin aplikasi dan membatasinya sebanyak mungkin. Pada saat yang sama, itu selalu merupakan ide yang baik untuk menyingkirkan aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Jadi, jika Anda memiliki aplikasi di ponsel yang tidak lagi Anda perlukan, hapus saja. Semua langkah kecil membuat Android lebih aman pada akhirnya.

Menggunakan PIN (Personal Identification Number) & Kode Keamanan Penggunaan

Nomor identifikasi pribadi (PIN, singkatannya dalam bahasa Inggris Personal Identification Number) terdaftar di “chip” atau kartu SIM (Subscriber Identity Module, modul identitas pelanggan) sebagai langkah untuk melindungi data jika peralatan dihidupkan ulang atau ketika chip perangkat diubah. Ketika ini terjadi, menu untuk memasukkan PIN diaktifkan. Jika Anda memilih metode ini, penting untuk menyimpan kartu plastik yang disertakan dengan SIM pada saat pembelian di tempat yang aman, karena ada juga kode PUK (PIN Unlock Key) jika hilang jika komputer crash.

  Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di Xiaomi

Selain PIN untuk mengamankan ponsel, mekanisme keamanan dapat diaktifkan untuk menggunakan perangkat. Menurut masing-masing pabrikan, itu bisa berupa angka, urutan gerakan, nada suara, atau kata kunci. Ini akan menjadi penghalang tambahan dan mudah untuk melindungi data dari siapa pun yang mengangkat telepon.

Backup Data di Hp

Membackup data sangat penting untuk mengamankan ponsel, karena memungkinkan Anda menyimpan informasi seluler jika terjadi kegagalan, kehilangan data, atau penghapusan yang tidak disengaja. Ada beberapa cara untuk membuat cadangan. Opsi cepat adalah menyalin ke kartu ekspansi atau menggunakan software sinkronisasi pabrikan, yang juga dapat mencadangkan data seperti bookmark atau kata sandi Wi-Fi. Perangkat lunak sinkronisasi tersebut membuat pencadangan berkala dengan data dan pengaturan dalam aplikasi, pesan, kamus keyboard, di antara konfigurasi lainnya. Dengan menghubungkan peralatan untuk mengisi ulang ke PC, pencadangan dapat dilakukan.

Alternatif lain adalah layanan cloud untuk mencadangkan foto atau file di Internet saat dihasilkan, ini dapat berupa aplikasi online yang menyimpan data, agenda, dan kontak. Yang penting adalah memiliki skema cadangan yang tersedia untuk setiap peristiwa yang tidak terduga.

Install Aplikasi Penghapusan Jarak Jauh

Memasang aplikasi untuk menghapus data dari jarak jauh adalah ide yang bagus jika Anda kehilangan ponsel. Dengan beberapa aplikasi ini, ponsel dapat diaktifkan melalui pesan teks sebelum atau sesudah pencurian atau kehilangan dan, dengan cara ini, informasi pribadi dihapus. Di antara fitur tambahan, tergantung pada paket yang diinstal, Anda dapat: menemukan ponsel meskipun GPS dinonaktifkan, menghasilkan alarm yang kuat (bahkan jika komputer dalam mode senyap), mendapatkan cadangan dan mengunci perangkat saat terhubung dari browser web apa pun setelah kejadian itu. Aplikasi penghapusan data jarak jauh memainkan peran penting untuk mengamankan ponsel.

Demikian tadi tentang Tips Meningkatkan Keamanan di Hp Android. Sekian dan Semoga bermanfaat

error: This content is protected by DMCA