Tips Mengatasi Touchscreen Error Pada Peralatan Android

Tips Mengatasi Touchscreen Error Pada Android – Touchscreen merupakan bagian smartphone yang sangat vital. Jika mengalami error maka ponsel akan sulit dioperasikan. Bentuk error dari layar sentuh ini cukup beragam. Misalnya saja tidak bisa mengoperasikan perintah, kurang responsif, lag secara tiba-tiba, hingga layar yang tiba-tiba mati. Penyebabnya pun sangat bervariasi. Bisa jadi karena sistem androidnya yang error, layar sentuh terkena air, hingga kapasitas RAM yang terlalu penuh. Charger juga bisa mempengaruhi kinerja layar.

Jika chargernya saja tidak sesuai, maka aliran daya akan tidak maksimal. Hal ini mampu mempengaruhi kinerja layar sentuh anda. untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan cara dari yang paling mudah. anda bisa memeriksa dulu bagaimana kapasitas RAM, charger, kondisi layar dari luar, baru kemudian memastikan apakah akan dibawa ke service center atau bisa ditangani sendiri. nah berikut ini ulasan lebih lanjut untuk tips mengatasi touchscreen android yang error.

solusi touchscreen error di android » Tips Mengatasi Touchscreen Error Pada Peralatan Android

Solusi Mengatasi Problem Touchscreen Error pada Android

  1. Periksa RAM

Touchscreen yang tidak mengalami respon baik bisa disebabkan oleh RAM yang terlalu penuh. RAM yang terlalu penuh ini bisa menyebabkan kurang cepatnya smartphone dalam melakukan berbagai perintah. Maka dari itu pastikan aplikasi yang anda install tidak terlalu banyak atau besar kapasitasnya. Selain itu memori penyimpanan dan cache juga perlu diperhatikan agar kapasitas RAM tetap terjaga.

  1. Pastikan tidak terkena air

Error pada touchscreen bisa disebabkan karena layar terpercik air. air bisa mengurangi responsibilitas panel layar. Maka dari itu pastikan bahwa layar smartphone anda tidak basah. Jika memang terkena air, cobalah keringkan secepat mungkin. Jari yang basah juga sebaiknya jangan digunakan untuk mengoperasikan smartphone. Sebab jika terlalu sering akan mengurangi sensitivitas panel layar ponsel anda.

  1. Gunakan charger yang sesuai

Charger ternyata berpengaruh pada bagaimana kinerja layar smartphone. sebab charger yang tidak sesuai akan mengalirkan arus daya yang tidak sebanding dengan kebutuhan smartphone. akibatnya aliran listrik tidak mampu teralirkan ke bagian layar dan sejumlah bagian lainnya. maka gunakan charger yang sesuai agar kinerja smartphone lebih optimal dan tetap awet.

  1. Cek dengan aplikasi Multitouch Tester

Penyebab error pada layar bisa karena turunnya daya responsif pada panel layar karena ada masalah di multitouchnya. Dengan mengecek menggunakan aplikasi Multitouch Tester, kita bisa tahu bagaimana kondisi layar sebenarnya. Anda bisa menempelkan lima jari di layar. Aplikasi akan mendeteksi jari tersebut. Jika jari tidak bisa terdeteksi, maka layar memang mengalami masalah dan memerlukan penanganan lebih lanjut.

  1. Matikan perangkat

Matikan perangkat. Kemudian lepaskan baterai, SIM dan SD Card. Diamkan beberapa saat sampai ponsel lebih dingin. setelah itu pasang semua komponen kembali dan cobalah jalankan seperti semula. Jika baterai tanam, cukup lepas SIM dan SD Card saja. cara tersebut bermanfaat untuk mengistirahatkan sistem dan membuat ponsel bekerja seperti semula lagi.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi touchscreen error pada android. Semoga bermanfaat.