Tips Mengatasi Perangkat Android Tidak Bisa Melakukan Screenshot

Tips Mengatasi Android Tidak Bisa Melakukan Screenshot – Fitur screenshot memang sangat penting. Misalnya untuk mengarsip percakapan pada whatsapp, menyimpan gambar yang tidak bisa diunduh, dll. Namun terkadang screenshot tidak bisa berfungsi. Baik karena error pada sistem, memori penyimpanan yang penuh, dan berbagai macam masalah lainnya. mengatasi Screenshot error ini bisa dengan mudah anda coba. Anda bisa menggunakan cara manual terlebih dulu agar tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Namun jika masih belum berhasil, aplikasi pihak ketiga mesti anda gunakan. Mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dari cara paling mudah dulu. lakukan secara berurutan agar anda lebih tahu penyebab yang tepat. selain itu penanganan yang tepat juga bisa anda lakukan dengan melakukan penanganan secara berurutan. Nah jika anda mengalami masalah error pada fitur screenshot, cobalah beberapa tips mengatasinya yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

solusi android tidak dapat screenshot » Tips Mengatasi Perangkat Android Tidak Bisa Melakukan Screenshot

Tips Mengatasi Tidak Bisa Screenshot pada Android

  1. Restart ponsel

Melakukan restart mampu memperbaiki kinerja smartphone android dengan cepat. Termasuk dalam proses screenshot. Bisa jadi sistem android yang terlalu penuh atau sibuk menyebabkan proses screenshot menjadi tidak bisa dilakukan. dengan restart ponsel, smartphone akan beristirahat sejenak dan diharapkan bisa fresh lagi menjalankan berbagai perintah lainnya. jika setelah restart masih error, cobalah langkah selanjutnya.

  1. Hapus file yang tidak digunakan

Penyebab tidak bisa melakukan screenshot bisa jadi karena memori penyimpanan penuh. Penuhnya memori penyimpanan membuat proses screenshot tidak bisa berjalan karena ponsel tidak bisa langsung menyimpan hasil jepretan tersebut. Maka dari itu hapus file, aplikasi, cache dan segala yang tidak diperlukan pada smartphone. Setelah menghapus file, anda bisa mencoba melakukan screenshot seperti semula. Jika masih gagal, cobalah langkah selanjutnya.

  1. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika masih belum berpengaruh, cobalah gunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi screenshot di Play Store begitu banyak. Hasil tangkapan layar pun sangat beragam. Anda bisa memilih aplikasi yang ringan kapasitasnya. Sebab dengan kapasitas yang ringan, kinerja smartphone pun tidak terganggu. Anda juga bisa memilih aplikasi gratis. Namun jika ingin yang bebas iklan, anda bisa menggunakan aplikasi berbayar.

  1. Hapus dalvik-cache

Cara satu ini memang cukup rumit terlebih bagi yang kurang paham tentang recovery mode. Anda bisa masuk terlebih dulu ke recovery mode dengan menekan tombol Power dan Volume bersamaan. Setelah masuk ke recovery mode, pilih folder advanced kemudian wipe ke pilihan dalvik-cache. Setelah itu reboot ponsel. Cara satu ini mampu mengatasi error pada screenshot dengan membersihkan cache tertentu pada sistem. Cobalah keluar dari recovery mode dan tes screenshot anda.

Nah itu dia beberapa tips mengatasi android yang tidak bisa melakukan screenshot. Semoga bermanfaat.