Tips Mencegah Perangkat Android Otomatis Download Aplikasi Sendiri

Tips Mencegah Android Download Aplikasi Sendiri – Adanya aplikasi tentu sangat membantu kita dalam mengcover berbagai kebutuhan sampai hiburan di ponsel android. Namun jika ponsel secara otomatis mengunduh aplikasi, tentu sangat merepotkan. Sebab aplikasi yang tidak kita butuhkan akan terpasang dan membuat memori penyimpanan cepat penuh. Tentu saja hal ini akan memperlambat kinerja smartphone. Jika aplikasi yang diunduh ternyata membawa virus, maka android pun akan mengalami kerusakan dan makin merugikan kita.

Sebab mengapa android bisa donwload aplikasi sendiri cukup beragam. Bisa karena adanya hak akses download manager yang aktif, adanya aplikasi yang bisa melakukan unduhan otomatis, hingga virus. Maka agar android tetap bekerja sesuai dengan yang kita inginkan, mencegah perangkat agar tidak download sendiri sangat penting. Caranya pun sangat mudah bahkan bisa dilakukan kalangan pemula. Nah, berikut ulasan selengkapnya untuk tips mencegah android download aplikasi sendiri.

langkah pencegahan perangkat android download aplikasi sendiri » Tips Mencegah Perangkat Android Otomatis Download Aplikasi Sendiri

Berbagai Tips Mencegah Android Otomatis Download Aplikasi Sendiri

  1. Disable Download Manager

Android yang mengunduh aplikasi sendiri bisa disebabkan karena download managernya error. Setiap android dibekali dengan aplikasi download manager yang fungsinya untuk mengunduh dokumen, video, website, musik, dll. Untuk mengatasinya, anda bisa membuka menu Setting kemudian tekan Application Manager. Setelah itu swipe All dan gulir kebawah. Cari Download Manager dan tekan App Info, Force Stop kemudian tekan Clear Data.

  1. Hapus Mobogenie dan DU Speed Booster

Jika anda memiliki aplikasi Mobogenie serta DU Speed Booster, sebaiknya uninstall keduanya. Kedua aplikasi tersebut kerap mempromosikan aplikasi lain diam-diam sehingga android pun mengunduh aplikasi lain sendiri. Anda bisa menguninstallnya atau langsung melakukan disable melalui pengaturan App Info. Jika ada aplikasi sejenis yang sama, lakukan pula cara yang serupa.

  1. Disable Auto Update

Auto Update pada Play Store memudahkan kita dalam melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis. Memang fitur ini hanya melakukan pembaruan saja tidak menginstall aplikasi. Namun jika ingin menghemat kuota atau memori penyimpanan, anda bisa melakukan disable update aplikasi. Caranya masuk ke Play Store dan cari menu Settings. Kemudian tekan Auto Update Apps dan pilih Do Not Auto Update Apps.

  1. Disable fitur Unknown Sources

Fitur Unknown Sources berfungsi agar perangkat android dapat mengunduh aplikasi dari sumber lain. Meskipun mudah, fitur satu ini bisa menjadi sebab android kerap menginstall aplikasi sendiri jika sebelumnya diaktifkan. Anda bisa menonaktifkannya terlebih dulu. Tekan Settings dan Security. Kemudian hilangkan tombol centang dari opsi Unknown Sources.

  1. Gunakan anti virus Lookout atau Anti Malware

Aplikasi yang terinstall sendiri di android juga bisa dikarenakan adanya virus. Untuk mengatasinya, install anti virus Lookout atau Malwarebytes Anti-Malware. Aplikasi tersebut mampu menangkal masuknya virus dan mendeteksi jika ada file mencurigakan. Dari fungsi tersebut, potensi adanya virus pun bisa kita pangkas. Aplikasi tersebut juga gratis dan tidak memerlukan banyak memori penyimpanan.

Demikian sejumlah tips mengatasi android yang otomatis mengunduh aplikasi sendiri. Semoga bermanfaat.