Tips Cara Mempercepat Google Chrome Pada Android

Tips Mempercepat Google Chrome Pada Android – Google Chrome merupakan browser paling banyak digunakan. Aplikasi browser bawaan ini mampu menampilkan layanan browsing yang sangat cepat. Bahkan bisa disetting agar browsing lebih hemat data. Sayangnya beberapa sebab membuat browser satu ini mengalami kelambatan dalam peforma. Bisa dikarenakan aplikasi yang sudah dalam versi lawas, menumpuknya cache, hingga setting pada smartphone yang kurang tepat. Mempercepat kinerja browsing sangat penting dan perlu dilakukan secara cepat.

Sebab browser sangat membantu kita dalam mendapatkan informasi dan mendukung kebutuhan komunikasi kita. mempercepat kinerja browser ini bisa dengan beberapa cara. Mulai dari melakukan update, membersihkan cache, mengatur agar browser tidak menampilkan fitur javascript, dll. Bagi yang kerap mengalami lambat dalam browsing dengan Google Chrome, anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara mudah. Selengkapnya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

langkah mempercepat google chrome android » Tips Cara Mempercepat Google Chrome Pada Android

Tips Mempercepat Google Chrome pada Perangkat Android

  1. Update chrome

Google Chrome yang berjalan lambat bisa disebabkan karena aplikasi sudah dalam versi lawas. Versi lawas tentu saja tidak kompatibel dengan update sistem yang berlaku. Oleh sebab itu anda mesti mengupdate aplikasi browser tersebut. Masuk ke Play Store dan cari Google Chrome. Jika tersedia opsi untuk update, maka tekan update. Setelah itu restart smartphone dan gunakan browser seperti semula.

  1. Clear cache

Jika cache aplikasi dibersihkan, maka Chrome akan lebih cepat secara peforma. Melakukan clear cache bisa diaplikasikan pada semua aplikasi. tujuannya pun sama agar peforma aplikasi lebih optimal. Anda bisa membersihkan cache minimal 1 minggu sekali untuk menjaga peforma Chrome. Masuk ke Settings dan piliha Installed Apps. Setelah itu carilah aplikasi Google Chrome dan tekan Clear Cache.

  1. Nonaktifkan Javascript

Dengan adanya Java Script, kita bisa melihat tampilan website yang lebih menarik. Namun disisi lain, kode tersebut akan membuat sebuah laman sulit dibuka. Nonaktifkan Javascript bisa menjadi pilihan anda agar website lebih mudah diakses. Masuk ke Chrome kemudian tekan Settings. Setelah itu pilih opsi Site Setting. Pilih JavaScript dan ubah dari pilihan Allowed menjadi Blocked.

  1. Potong penggunaan data

Jika persoalannya adalah loading yang lambat, memotong penggunaan data adalah cara yang ampuh. Buka menu settings pada aplikasi Chrome kemudian pilih Data Saver. Setelah itu geser dari On menjadi posisi Off untuk pilihan Data Saver. Dengan melakukan pengaturan tersebut, Google Chrome mengirimkan permintaan ke server Google. Setelah itu permintaan dikembalikan ke pengguna dengan besaran penggunaan data yang sudah dikompres.

  1. Perbesar memory

Mempercepat kinerja Google Chrome pada ponsel juga bisa menggunakan pengaturan flag seperti di dekstop. Flag berfungsi untuk memperbesar kapasitas memori. Buka Google Chrome kemudian tuliskan di bar alamat “chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area”. Tap tulisan default di bagian bawah dan ubah jadi 512. Setelah itu Relaunch Now untuk langkah terakhir. Dengan cara tersebut, Google Chrome pun bekerja lebih optimal.

Itu dia sejumlah tips mempercepat Google Chrome di smartphone android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.