Samsung Galaxy M30s, Smartphone Triple Kamera Dengan Baterai 6000 mAh

Selain meluncurkan Galaxy M10s, Samsung juga sekaligus meluncurkan seri Galaxy M30s di India. Jika Galaxy M10s diluncurkan untuk mengokohkan posisi Samsung pada lini smartphone entry level, hal tersebut berbeda dengan Galaxy M30s.

Samsung Galaxy M30s ditujukan untuk kalangan menengah keatas khususnya kaum milenial. Hal tersebut bisa dilihat dengan adanya konfigurasi triple kamera utama serta kapasitas baterai besar pada Samsung Galaxy M30s.

Perlu anda ketahui, Samsung Galaxy M30s memang dibekali dengan baterai berkapasitas sangat besar dan memang bisa dikatakan paling besar diantara semua smartphone keluaran Samsung.

Penasaran seperti apa spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy M30s yang sudah diluncurkan lebih dulu di India tersebut? Jika anda mau tau bagaimana spesifikasi lengkapnya, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Layar 6.4 Inch Super AMOLED Dengan Desain Infinity V

Jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu M30, Samsung Galaxy M30s yang baru saja diluncurkan di India memang masih menggunakan layar dengan bentang 6.4 inch yang sama.

Panel yang digunakan juga masih serupa seperti seri M30 pendahulunya yaitu panel display Super AMOLED dengan resolusi 1080 piksel X 2400 piksel dan memiliki aspek rasio 20:9.

harga fitur spek samsung galaxy m30s 630x380 » Samsung Galaxy M30s, Smartphone Triple Kamera Dengan Baterai 6000 mAh

Samsung Galaxy M30s juga masih menggunakan desain layar berponi bentuk tetesan air atau yang lebih familiar disebut dengan desain infinity V oleh Samsung.

Secara garis besarnya, layar yang dibawa Samsung Galaxy M30s memang tidak ada perubahan sama sekali jika dibandingkan dengan layar yang dibawa seri M30 dulu.

Performa Lebih Garang Dengan SoC Exynos 9611

Meskipun tidak ada perubahan pada bagian layar, Samsung Galaxy M30s mendapatkan cukup banyak perubahan pada jeroannya.

Pada bagian SoC, Samsung Galaxy M30s sudah tidak menggunakan Exynos 7904 lagi. Samsung Galaxy M30s menggunakan SoC Exynos seri 9611 yang sudah difabrikasi menggunakan teknologi 10 nm.

Exynos 9611 tersebut sudah dilengkapi dengan CPU 8 inti perpaduan Cortex A73 dan Cortex A53 dengan kecepatan maksimal 2.3 Ghz. Sedangkan untuk pengolahan grafisnya, SoC Exynos 9611 juga sudah dilengkapi dengan GPU Mali G72 MP3.

Karena menggunakan SoC Exynos 9611, maka Samsung Galaxy M30s juga mendapatkan peningkatan pada bagian memori internal sekaligus RAM.

Pada bagian memori internal, Samsung Galaxy M30s sudah menggunakan teknologi memori UFS2.1 dengan pilihan kapasitas sebesar 64 GB dan 128 GB. Sedangkan pada RAM, Samsung Galaxy M30s juga tersedia dalam 2 pilihan yaitu 4 GB dan 6 GB.

Bukan hanya itu saja, Samsung Galaxy M30s juga masih dilengkapi dengan slot memori eksternal. Slot memori eksternal di seri M30s ini sudah bisa menampung microSD dengan kapasitas maksimal 1 terabyte.

Semua hardware Samsung Galaxy M30s tersebut akan menjalankan sistem operasi Android 9 yang kemungkinan besar bisa di upgrade ke OS Andorid versi 10. Selain itu, Samsung Galaxy M30s juga akan menggunakan sistem antarmuka One UI.

3 Kamera Utama dan 1 Kamera Sekunder

Pada bagian fotografi, Samsung Galaxy M30s juga sudah mendapatkan peningkatan dari versi M30 sebelumnya. Sama-sama dibekali dengan 3 buah kamera utama dan 1 buah kamera sekunder, seri M30 lama masih menggunakan lensa dengan besaran sensor kecil.

Sedangkan pada Samsung Galaxy M30s dibekali 3 buah lensa dengan sensor 48 MP jenis wide, 8 MP jenis ultrawide, dan 5 MP jenis depth. Dan pada bagian depan, Samsung Galaxy M30s dibekali dengan 1 kamera dengan sensor 16 MP.

Dengan peningkatan pada komponen kamera yang disematkan tersebut, Samsung Galaxy M30s dipastikan tidak hanya bisa digunakan untuk mengambil foto-foto yang berkualitas, namun juga sudah siap digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected] dan [email protected]

Baterai Berkapasitas 6000 mAh

Seperti yang sudah disebutkan sejak awal, Samsung Galaxy M30s memang menarik perhatian banyak orang karena kapasitas baterainya yang begitu besar.

Dari semua smartpone keluaran Samsung, memang Samsung Galaxy M30s ini adalah yang dibekali dengan baterai berkapasitas 6000 mAh. Menariknya, meskipun menggendong baterai berkapasitas besar, Samsung Galaxy M30s tidak mengorbankan tampilan fisiknya.

Samsung Galaxy M30s tetap memiliki bodi yang cukup tipis yaitu hanya memiliki ketebalan 8.9 mm yang bisa dikatakan hanya bertambah 0.4 mm saja dari M30 pendahulunya.

Selain tetap tampil langsing, berat Samsung Galaxy M30s juga hanya bertambah sebanyak 14 gram saja dari beban M30 sebelumnya.

Namun sayangnya, Samsung Galaxy M30s ini tidak mendapatkan peningkatan pada fitur pengisian daya cepatnya. Jadi Samsung Galaxy M30s masih menggunakan fitur fast charging 15W seperti seri M30 sebelumnya dengan menggunakan konektor USB tipe C yang serupa.

Samsung Galaxy M30s juga tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti opal black, pearl white, dan sapphire blue. Sesuai dengan peluncuran resminya di India, kemungkinan besar Samsung Galaxy M30s ini akan dijual secara global dengan kisaran harga mulai 2,8 juta Rupiah untuk versi 64 GB/4 GB. Sedangkan untuk versi 128 GB/6 GB kemungkinan akan dijual dengan harga 3,5 juta Rupiah.