Samsung Galaxy A60, Smartphone Mid Level Dengan Layar Berlubang

Di tahun 2019 ini, Samsung memang lebih giat menggelontorkan seri smartphone kelas menengah. Buktinya, ada cukup banyak sekali smartphone seri A yang meluncur di tahun ini. Salah satu smartphone Samsung seri A yang juga meluncur di tahun 2019 ini adalah Samsung Galaxy A60. Meskipun masuk kategori smartphone kelas menengah, Samsung Galaxy A60 ini tidak tampil murahan.

Seperti ciri khas dari smartphone Samsung, tampilan smartphone benar-benar dibuat semewah mungkin meskipun masuk kategori smartphone menengah.

Bukan hanya mewah saja tampilannya, namun Samsung Galaxy A60 juga dibekali dengan dapur pacu yang sangat mumpuni.

Penasaran seperti apa spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy A60? Bagi anda yang mau tau seperti apa saja jeroan di dalam Samsung Galaxy A60, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Layar Makin Luas Dengan Desain Infinity O

Di tahun 2019 ini, Samsung memang mempopulerkan desain layar infinity. Yang dimaksud dengan infinity adalah desain layar yang luas.

Samsung Galaxy A60 ini adalah salah satu smartphone yang menggunakan desain infinity O atau biasa dikenal dengan punch hole. Jadi di dalam layarnya terdapat lubang kecil untuk mengakomodasi kamera selfie.

Layar Samsung Galaxy A60 sendiri memiliki ukuran 6.3 inch dengan rasio screen to bodi sebesar 84.9%. Sedangkan untuk panelnya, Samsung Galaxy A60 ini menggunakan panel PLS TFT dengan aspek rasio 19.5:9.

review fitur harga spek samsung galaxy a60 630x380 » Samsung Galaxy A60, Smartphone Mid Level Dengan Layar Berlubang

Namun meskipun hanya menggunakan panel PLS TFT, Samsung Galaxy A60 ini tetap mampu mendukung resolusi 1080 piksel X 2340 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 409 ppi.

Selain itu, layar Samsung Galaxy A60 ini juga sudah dilindungi dengan menggunakan material kaca khusus dari Corning Gorilla Glass 3.

Performa Ngebut Dengan Chipset Oke dan OS Android 9

Dari segi tampilan, Samsung Galaxy A60 memang sudah tampak begitu mewah. Namun bagaimana dengan performanya?

Meskipun masuk sebagai kategori smartphone mid level, Samsung Galaxy A60 ini bisa dikatakan memiliki performa yang ngebut.

Hal tersebut disebabkan karena Samsung Galaxy A60 ini membawa chipset dari Qualcomm Snapdragon seri 675. Meskipun bukan seri chipset flagship, namun SD 675 adalah salah satu seri chipset unggulan dari Qualcomm.

Chipset Snapdragon 675 tersebut sudah dilengkapi dengan CPU 8 inti berkecepatan maksimal 2.0 Ghz kombinasi CPU Kyro 460 Gold dan Kryo 460 Silver. bukan hanya itu saja, chipset SD 675 juga sudah dilengkapi dengan GPU Adreno 612.

Untuk urusan kapasitas memorinya, Samsung Galaxy A60 ini hadir dalam 2 pilihan memori yaitu memori internal 64 GB dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dengan RAM 6 GB.

Jika kapasitas memori internalnya masih dirasa kurang, Samsung Galaxy A60 ini masih memiliki slot memori eksternal yang siap menampung microSD dengan kapasitas maksimal 1 TB.

Performa ngebut Samsung Galaxy A60 bukan hanya dari jeroannya saja. Hal tersebut juga didukung penggunaan sistem operasi yang digunakan.

Samsung Galaxy A60 ini dibekali dengan sistem operasi Android 9 atau Pie. Untuk sistem antarmukanya, Samsung Galaxy A60 ini menggunakan sistem antarmuka One UI. Oleh sebab itu, performanya makin ngebut karena jeroan tidak terbebani dengan sistem antarmuka.

Konfigurasi 3 Kamera Utama

Selain performanya yang ngebut, Samsung Galaxy A60 juga punya kamera yang tidak bisa diremehkan.

Samsung Galaxy A60 membawa konfigurasi triple kamera sebagai kamera utamanya. Konfigurasi 3 kamera utamanya terdiri dari kamera 32 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan juga kamera depth sensor 5 MP.

Konfigurasi 3 kamera di bagian belakang tersebut sudah bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected] dan [email protected]

Sedangkan pada lubang di layar Samsung Galaxy A60 disematkan dengan kamera selfie 16 MP. Kamera selfie di bagian depan tersebut juga sudah bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected]

Dan lagi, tepat di bagian tengah cover belakang, Samsung Galaxy A60 ini terdapat sensor pemindai sidik jari.

Baterai dan Fitur Pengisian Daya Cepat

Karena punya layar yang luas serta konfigurasi 3 kamera, sudah pasti Samsung Galaxy A60 akan sering digunakan untuk fotografi dan juga merekam video.

Oleh sebab itu, Samsung Galaxy A60 dibekali dengan baterai yang kapasitasnya sedikit lebih besar dari sebelumnya. Samsung Galaxy A60 menggendong baterai jenis Li-Po non removable berkapasitas 3.500 mAh.

Meskipun kapasitasnya tidak sampai 4.000 mAh, namun Samsung Galaxy A60 dikatakan sudah dioptimalkan untuk bisa digunakan selama 1 hari hanya dengan 1 kali pengisian daya baterai saja.

Bukan hanya itu saja, Samsung Galaxy A60 ini juga dibekali dengan fitur pengisian daya baterai cepat sebesar 15W. Jadi misalkan baterainya habispun, proses pengisian daya baterainya tidak akan lama.

Samsung Galaxy A60 ini dijual dengan 4 pilihan warna yaitu daybreak black, cocktail orange, seawater blue, dan juga peach mist.

Lalu berapa harga Samsung Galaxy A60 ini? Samsung Galaxy A60 ini sayangnya baru diluncurkan secara resmi di Cina. Harga jual Samsung Galaxy A60 di Cina adalah sekitar 1.999 Yuan atau setara dengan 4 jutaan Rupiah.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai kapan Samsung Galaxy A60 ini akan hadir secara resmi di Indonesia.