Samsung Galaxy A30s, Penerus Seri A30 Dengan Beragam Peningkatan Fitur

Uponsel.com-Samsung Galaxy A30s akhirnya resmi diperkenalkan di India pada bulan Agustus 2019. Smartphone yang menjadi penerus seri A30 tersebut Nampak mendapatkan cukup banyak peningkatan dari berbagai aspek.

Meskipun baru dijual di pasar India, kemungkinan besar ponsel ini juga tidak lama lagi akan segera dipasarkan di Indonesia. Pasalnya, Samsung Galaxy A50s yang diperkenalkan bersamaan dengan A30s di India juga sudah mulai dijual dengan sistem pre order di Indonesia.

Sebelum resmi dipasarkan di Indonesia, anda bisa simak terlebih dahulu seperti apa spesifikasi dan apa saja peningkatan pada Samsung Galaxy A30s tersebut di dalam artikel ini.

Display

Pada bagian display, ponsel ini masih akan menggunakan desain yang disebut dengan infinity V yang memang selama ini selalu dibawa pada smartphone Samsung seri A.

Dengan digunakannya desain infinity V, sudah dapat dipastikan bahwa ponsel ini masih membawa poni berbentuk V sebagai tempat membenamkan kamera bagian depan.

Displaynya sendiri masih menggunakan ukuran yang sama seperti seri pendahulunya yaitu sebesar 6.4 inch. Teknologi panel yang digunakan juga sama yaitu Super AMOLED dengan rasio screen to bodi sebesar 84.9%.

Meskipun tampak serupa, ada satu peningkatan pada display nya jika dibandingkan dengan seri pendahulunya. Peningkatan pada bagian display bisa dilihat pada adanya fitur under display fingerprint yang dulu tidak tersedia pada seri A30.

Namun meskipun ada satu peningkatan pada bagian display, ponsel ini juga mengalami penurunan dari segi resolusinya. Seri A30s ini hanya mendukung resolusi layar HD+ saja sedangkan seri A30 sudah mendukung resolusi FHD+ dengan aspek rasio yang sama yaitu 19.5:9.

Jeroan Serupa Seri A30 Lama

Pada bagian hardware atau jeroannya, Samsung Galaxy A30s bisa dikatakan tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Untuk chipsetnya, masih akan dibekali dengan chipset buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 7904 yang difabrikasi menggunakan teknologi 14 nm.

Chipset tersebut dilengkapi dengan CPU 8 inti kombinasi 2 inti Cortex A73 berkecepatan 1.8 Ghz dan 6 inti Cortex A53 berkecepatan 1.6 Ghz. Selain itu, chipset Exynos 7904 tersebut juga sudah dilengkapi dengan GPU Mali G71 MP2.

Sedangkan untuk sistem operasinya, ponsel ini juga akan membawa sistem operasi Android 9 dan dilengkapi dengan One UI.

Oleh sebab itu, meskipun hanya memiliki “jeroan” seadanya, Samsung Galaxy A30s dipastikan masih sanggup digunakan untuk bermain game dengan lancar.

3 Pilihan Kapasitas Memori Internal dan RAM

Seperti yang sudah disebutkan, Samsung Galaxy A30s memang punya cukup banyak peningkatan jika mau dibandingkan dengan seri pendahulunya.

  Harga Ponsel Android Nokia 7 Terbaru dengan Spesifikasi RAM 6 GB

Kapasitas memori internal serta RAM juga menjadi salah satu hal yang mengalami peningkatan pada ponsel ini

Samsung Galaxy A30s ini tersedia dalam 3 pilihan kapasitas memori internal dan RAM yaitu 32 GB/ 3 GB, 64 GB/ 4 GB, dan 128 GB/ 4 GB.

Selain itu,  ponsel ini juga masih akan dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung microSD maksimal dengan kapasitas 1 terabyte seperti seri pendahulunya.

Triple Kamera 25 MP

Peningkatan Samsung Galaxy A30s juga bisa dilihat pada bagian kameranya. Jika dulunya A30 hanya membawa dual kamera, sekarang A30s dibekali dengan triple kamera utama.

Bukan hanya jumlahnya saja yang bertambah, namun besar sensor lensa kamera yang disematkan juga meningkat drastis. Pada bagian belakang, ponsel ini akan dibekali dengan 3 buah kamera dengan konfigurasi lensa 25 MP, 8 MP jenis ultrawide, dan 5 MP jenis depth.

Sedangkan pada bagian depan, masih tetap menggunakan kamera dengan lensa berukuran 16 MP sebagai kamera selfie.

Kapasitas Baterai Setara A30 Lama

Meskipun sudah mendapatkan banyak peningkatan, sayangnya Samsung Galaxy A30s tidak mendapatkan peningkatan pada segi kapasitas baterainya.

smartphone ini masih akan menggendong baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas 4.000 mAh seperti seri A30 pendahulunya.

Bukan hanya itu saja, ponsel ini juga masih akan membawa fitur fast charging yang sama dengan daya 15W seperti pendahulunya menggunakan konektor USB tipe C 1.0 yang juga sudah mendukung fitur USB On The Go.

Lalu kapan ponsel ini akan dipasarkan di Indonesia? Kemungkinan besar ponsel ini akan mulai dipasarkan akhir bulan September atau awal bulan oktober 2019.

Untuk pilihan warnanya, Samsung Galaxy A30s akan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti prism crush black, prism crush green, prism crush white, dan prism crush violet.

Lalu berapa harga Samsung Galaxy A30s? Untuk masalah harga, kemungkinan besar ponsel ini akan dijual dengan kisaran harga 3,3 jutaan Rupiah.

Demikian pembahasan mengenai artikel diatas. Untuk informasi terupdate, anda dapat mengunjungi web resmi dari samsung . Semoga bermanfaat untuk para pembaca .

Originally posted 2019-09-22 10:42:50.

error: This content is protected by DMCA