Review Spesifikasi iPhone XR, Masih Worth it di Tahun 2022?

Uponsel.comReview iPhone XR-iPhone XR bisa menjadi alternatif bagi mereka yang mencari iPhone dengan harga terjangkau. Smartphone Apple ini pertama kali dirilis pada tahun 2018, dan dianggap sebagai kombinasi dari seri XS dan SE.Spesifikasinya juga menarik. Anda mendapatkan ponsel dengan layar yang cukup lebar, kinerja yang mulus dari Apple 12 Bionic, kualitas kamera yang bagus dan desain ponsel yang menarik dalam berbagai pilihan warna. Berikut ini Review iPhone XR beserta spesifikasi dan fitur unggulannya

Spesifikasi iPhone XR

Review iPhone XR, Masih Worth it di Tahun 2022?

Tipe HP iPhone XR
Rilis Tahun 2018
Jaringan 2G,3G,LTE
layar Liquid Retina IPS LCD
6.1 inches, 828 x 1792 pixels,
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
SIM  Nano-SIM, Electronic SIM card (eSIM)
Memori RAM 3 GB, ROM 128 GB
Sistem Operasi iOS 14
CPU Apple A12 Bionic (7 nm),
Hexa-core (2×2.5 GHz Vortex + 4×1.6 GHz Tempest)
GPU Apple GPU (4-core graphics)
Kamera Belakang 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, OIS, PDAF
Kamera Depan  7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
Baterai  Li-Ion 2942 mAh ,Non-removable

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Membeli iPhone 11 Tahun 2022 Adalah Ide yang Bagus

Desain

Seperti smartphone lain dari Apple, iPhone XR memiliki desain yang tampak hebat. Bagian depan dan belakang terbuat dari Gorilla Glass, sedangkan bagian tepinya terbuat dari aluminium seri 7000.Tampilannya juga menarik dengan pilihan warna yang beragam. Anda juga dapat memilih varian yang paling Anda sukai dari pilihan warna hitam, putih, kuning, biru, dan merah.

Layar

Apple iPhone XR menggunakan layar Liquid Retina IPS LCD berukuran 6,1 inci dengan rasio 19,5: 9. Ukurannya lebih besar dari iPhone XS yang berbasis layar 5,8 inci. Dengan ukuran layar yang lebih besar, tentunya kebutuhan seperti menonton video hingga bermain game menjadi lebih nyaman.

Kualitas layar iPhone XR juga tajam. Meski masih berbasis resolusi 828 x 1792 piksel, layar dengan kerapatan 326 piksel per inci ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti teknologi multi-touch dan teknologi True-tone yang menambah kenyamanan pengguna.

Apple juga telah melengkapi layar smartphone ini dengan kaca anti gores dan lapisan anti minyak. Fitur ini tidak hanya membuat layar lebih aman dari goresan, tetapi juga membuatnya lebih bersih dari minyak dan sidik jari.

Performa

Performa Apple iPhone XR cepat dan stabil. Saat digunakan untuk bermain game, performanya terasa mulus tanpa masalah seperti ban jatuh. Tak hanya itu, untuk mendukung kebutuhan multitasking Anda, berpindah antar aplikasi di smartphone dengan RAM 3GB dan ROM 64GB/128GB/256GB terasa cepat.

Akselerasi performa pada iPhone XR ini berkat dukungan chipset Apple A12 Bionic, CPU hexa-core (2×2,5 GHz Vortex + 4×1,6 GHz Tempest), dan Apple GPU (grafik quad-core). Oh ya, selain bertenaga, chipset Apple A12 Bionic dengan fabrikasi 7nm di smartphone ini juga mendukung penggunaan konsumsi daya yang permanen.
Pertama kali iPhone XR diluncurkan, berjalan di iOS 12.

Tidak hanya memiliki fitur yang lebih baik dari pendahulunya, tetapi sistem operasi ini juga unggul dalam hal mendukung konsumsi daya seluler yang lebih rendah. Tak hanya itu, meski diluncurkan dengan iOS 12, iPhone XR tetap mendukung pembaruan seri iOS hingga beberapa tahun kemudian. Itulah mengapa Review iPhone XR sangat baik untuk anda yang sedang mencari ponsel dengan kualitas terbaik seperti iPhone XR ini

Memori Internal dan RAM

iPhone XR dilengkapi dengan memori akses acak (RAM) 3GB yang dipasangkan dengan beberapa jenis memori internal. Pilihannya termasuk 64GB, 120GB, dan 256GB.iPhone XR tidak didukung oleh slot microSD. Anda juga harus puas dengan penyimpanan internal yang tersedia

Baca juga: Spesifikasi iPhone 11 Pro Max

Kamera

iPhone XR hadir dengan kamera tunggal untuk kamera belakang. Spesifikasi kamera utamanya sendiri adalah 12MP dengan aperture f/1.8. Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera selfie 7 megapiksel (f/2.2) yang dipasangkan dengan 3D SL (sensor kedalaman/sensor biometrik).

Hasil kamera utama 12MP pada smartphone ini tidak mengecewakan. Selanjutnya, iPhone XR memiliki fitur seperti OIS (Optical Image Stabilization), PDAF (Phase Detection Auto Focus), dual-tone LED flash, dan Smart HDR (foto/panorama) yang membuat gambar yang diambil terlihat tajam. Kamera dapat digunakan dengan baik dalam kondisi cahaya yang memadai atau rendah. Kontras gambar dapat dipertahankan dengan baik dan noise dapat dikontrol seminimal mungkin.

  iPhone 12 Pro Max, Desain Elegan Dengan Kamera Terbaik

Fitur lain yang tidak boleh dilupakan adalah hadirnya fitur depth adjustment yang membantu mengatur kedalaman atau background untuk pengambilan gambar. Anda dapat mengatur tingkat blur atau bokeh saat memotret sesuai keinginan sehingga foto Anda terlihat seperti kamera profesional.

Kamera depan smartphone ini pun tak kalah bagus dari itu. Resolusi 7MP tidak membuat kualitas gambar iPhone ini terlihat biasa saja. Berkat teknologi True Depth, gambar wajah menjadi lebih akurat dan detail.
Apalagi kamera smartphone ini juga bisa diandalkan untuk merekam video. Dengan spesifikasi kamera utama, iPhone XR dapat mendukung perekaman video 4K@24/30/60fps dan 1080p@30/60/120/240fps.

Baterai

iPhone XR dibekali baterai sebesar 2.942 mAh. Meski sekilas kapasitasnya tampak biasa saja, namun daya tahan baterai smartphone ini cukup memuaskan. Baterai ponsel ini mampu bertahan hingga 13-15 jam pemakaian. Cukup tahan lama untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Selain daya tahan baterai yang cukup lama, Apple iPhone XR mendukung pengisian cepat 15W. Jika Anda menggunakan adaptor yang benar, pengisian baterai di ponsel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 90 menit.

Tak hanya itu, meski masuk dalam kategori iPhone terjangkau, iPhone XR sebenarnya sudah mendukung wireless charging. Anda cukup membeli pengisi daya nirkabel Qi yang dijual terpisah di pasaran dan Anda tidak lagi memerlukan kabel untuk terhubung ke ponsel cerdas Anda. Cukup tempelkan di bagian belakang ponsel dan baterai akan terisi secara otomatis.

Fitur dan Konektivitas

iPhone XR hanya menggunakan ID Wajah atau sensor pengenalan wajah. Anda hanya perlu menunjukkan wajah Anda di layar dan ponsel akan terbuka kuncinya.Selain melapisi seluruh bagian bodi dengan Gorilla Glass, Apple juga telah mensertifikasi iPhone XR dengan sertifikasi standar IP67 IEC 60529 untuk ketahanan terhadap percikan dan debu. Smartphone ini tahan air hingga kedalaman maksimal 1 meter selama 30 menit.

Jika Anda mencari smartphone berkemampuan NFC, maka iPhone XR bisa menjadi pilihan yang tepat. Apple melengkapi spesifikasinya dengan NFC untuk mendukung proses pembayaran nontunai yang lebih praktis.
iPhone XR tidak memiliki jack audio 3.5mm. Jika Anda tidak suka menggunakan headset nirkabel, maka Anda harus mengandalkan adaptor jack headphone saat menggunakan headset berkabel di ponsel ini.

iPhone XR sudah mendukung jaringan 4G LTE. Jadi Anda dapat mengakses Internet dengan sangat cepat. Di sisi lain, untuk mendukung akses menelepon, Apple akan menawarkan dua pilihan jenis kartu SIM namun dengan satu penawaran slot SIM, yakni Nano SIM atau e-SIM Card. Di sisi lain, jangan lupa bahwa Apple iPhone XR hadir dengan berbagai fitur konektivitas jarak dekat, seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, Bluetooth, dan USB. Tipe C. Itu saja, bahkan untuk memudahkan pengguna peta lokasi, kali ini spesifikasi iPhone XR akan berbasis pada sistem navigasi canggih berupa A-GPS, GLONASS, GALILEO dan QZSS.

Baca Juga: Iphone 13 Pro Max: Baterai 4352 MAh, IP68, Kamera Terbaik

Selain harga, ada banyak alasan mengapa HP ini masih layak dibeli. Dari desain yang masih modis, kamera hebat, kinerja harian yang cepat, layar yang bagus, baterai yang aman sepanjang hari, dan pembaruan OS yang terjamin. Nah itulah tadi ulasan artikel tentang Review Spesifikasi iPhone XR. Untuk informasi terkini dan terupdate seputar spesifikasi,fitur dan harga terbaru ponsel ini, anda dapat mengunjungi web resmi dari Apple , IBOX atau marketplace lainnya. Semoga bermanfaat

error: This content is protected by DMCA