Punya Layar dan Baterai Besar, Nokia 3V Cuma Dibanderol 2 Jutaan Rupiah

Bulan Agustus 2019 lalu, Nokia meluncurkan kembali satu smartphone kelas entry level bernama Nokia 3V. Nokia 3V dipasarkan dengan banderol harga yang cukup terjangkau yaitu 2 jutaan Rupiah saja.

Ada cukup banyak hal menarik yang dibawa oleh Nokia 3V ini. Beberapa diantaranya adalah pada bagian layar dan juga baterainya yang cukup besar untuk ukuran smartphone entry level.

Lalu bagaimana dengan performanya? Apakah Nokia 3V punya performa yang bisa diandalkan? Bagi anda yang mau tau lebih lanjut tentang Nokia 3V, anda bisa cek spesifikasi lengkapnya di dalam artikel ini.

Layar Besar Dengan Desain Poni Berbentuk Tetesan Air

Hal pertama yang mencolok dari Nokia 3V adalah pada bagian layarnya. Nokia 3V dipastikan tidak tampak seperti smartphone entry level karena memiliki layar yang besar.

Nokia 3V membawa layar berukuran 6.26 inch. Desain layar yang digunakan juga sesuai dengan desain smartphone jaman sekarang yaitu dengan poni berbentuk tetesan air.

Dengan menggunakan desain poni tersebut, Nokia 3V sudah dipastikan berhasil mendapatkan rasio screen to bodi yang cukup tinggi untuk smartphone entry level yaitu sebesar 80,5%.

review fitur harga spek nokia 3v 630x380 » Punya Layar dan Baterai Besar, Nokia 3V Cuma Dibanderol 2 Jutaan Rupiah

Sedangan untuk panelnya, Nokia 3V ini dibekali dengan panel IPS LCD yang memang cukup umum digunakan di smartphone entry level. Namun meskipun masih menggunakan panel IPS LCD, Nokia 3V mampu mendukung resolusi layar hingga 720 piksel X 1520 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 269 ppi.

Untuk proteksinya, layar Nokia 3V ini dilindungi dengan material kaca anti gores 2.5D. Sayangnya, Nokia 3V tidak memasang material tersebut juga di bagian cover belakang.

Dapur Pacu Mumpuni Dengan SoC Qualcomm Snapdragon

Selain oke dari segi layarnya yang besar, Nokia 3V juga memiliki performa yang cukup oke. Hal tersebut disebabkan karena Nokia 3V ini memang dibekali dengan SoC Qualcomm Snapdragon 429.

Dengan membawa SoC Snapdragon 429 tersebut, dipastikan Nokia 3V memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal 1.8 Ghz. Selain itu, smartphone ini juga memiliki GPU Adreno 504.

SoC Qualcomm Snapdragon 429 tersebut juga dikawinkan dengan memori internal 16 GB dan RAM 2 GB. Selain itu, Nokia 3V juga masih memiliki slot memori eksternal yang siap menampung microSD dengan kapasitas maksimal 128 GB.

Pada bagian sistem operasinya, Nokia 3V membawa sistem operasi Android seri 9 atau Android Pie. Selain itu, Nokia 3V ini juga akan menjalankan sistem antar muka One UI.

Kamera Depan dan Belakang Masih Satu Lensa

Meskipun punya layar besar dan juga dapur pacu yang oke, Nokia 3V memiliki satu kelemahan yaitu pada bagian kameranya.

Nokia 3V hanya dibekali dengan 1 buah kamera saja baik di bagian belakang maupun di bagian depan. Kamera di bagian belakang Nokia 3V ini memiliki lensa berukuran 13 MP, sedangkan kamera di bagian depan memiliki lensa berukuran 5 MP.

Tidak ada fitur khusus sama sekali pada bagian kamera di Nokia 3V ini. Yang pasti, kamera utama Nokia 3V ini sudah bisa merekam video dengan kualitas [email protected]

Baterai 4.000 mAh Dengan Fitur Pengisian Baterai Cepat

Selain punya layar yang besar dan juga dapur pacu yang oke, kelebihan lain dari Nokia 3V adalah pada bagian baterainya.

Nokia 3V menggendong baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 4.000 mAh. Bukan hanya itu saja, Nokia 3V yang merupakan smartphone entry level ini juga dibekali dengan fitur fast charging sebesar 10W.

Dengan adanya fitur fast charging tersebut, dipastikan proses pengisian daya baterai Nokia 3V bisa lebih cepat.

Fitur Lain Nokia 3V

Nokia 3V juga masih memiliki beberapa fitur unggulan tambahan selain yang sudah disebutkan sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa fitur lain di Nokia 3V:

  • Sudah menggunakan port micro USB 2.0
  • Sudah mendukung fitur USB On The Go

Sayangnya, Nokia 3V ini tidak dijual bebas. Nokia 3V ini hanya dijual khusus oleh perusahaan telekomunikasi di Amerika yaitu Verizon.

Namun untungnya, Nokia 3V ini sebenarnya adalah versi rebranding dari Nokia 3.2. Jadi jika tidak bisa membeli Nokia 3V, anda bisa membeli Nokia 3.2 yang sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama.