Panduan Cara Mengatasi Masalah Force Close Pada Aplikasi Android

Cara Mengatasi Masalah Force Close Pada Aplikasi Android – Perangkat yang mengusung sistem operasi Android memang sangatlah populer di mana perangkat tersebut telah digunakan oleh hampir setiap orang. Perangkat yang berbasis Android baik itu smartphone ataupun tablet memang memiliki fungsi yang sangat beragam mulai sebagai sarana hiburan, sebagai alat komunikasi, bahkan juga bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Hal tersebut membuat perangkat berbasis Android menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern.

Saat ini sebagian besar perangkat berbasis Android memang telah dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni sehingga bisa menghasilkan performa yang handal. Walaupun demikian, perangkat Android tetap saja merupakan sebuah produk elektronik yang bisa mengalami berbagai macam masalah. Salah satu masalah yang terkadang dialami oleh para pengguna perangkat Android adalah aplikasi yang mengalami force close atau menutup sendiri sehingga tentu akan sangat mengganggu, pada kesempatan ini akan kami ulas beberapa cara untuk mengatasi masalah force close pada aplikasi Android.

panduan atasi masalah force close pada aplikasi android » Panduan Cara Mengatasi Masalah Force Close Pada Aplikasi Android

Tips Mengatasi Masalah Force Close Pada Aplikasi Android

  1. Bersihkan File Sampah

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah force close pada aplikasi Android adalah dengan membersihkan file sampah atau cache, sebab file sampah yang tidak pernah dibersihkan akan terus mengalami penumpukan sehingga memenuhi ruang penyimpanan dan juga RAM sehingga bisa memicu berbagai macam masalah yang mengganggu kinerja sistem. Solusinya, Anda bisa menghapus atau membersihkan file sampah agar tidak terjadi penumpukan.

  1. Hapus Data Aplikasi

Apabila Anda mengalami masalah force close pada aplikasi Android, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara menghapus data aplikasi. Anda bisa menghapus data pada salah satu atau beberapa aplikasi yang mengalami force close. Menghapus data aplikasi berarti akan membersihkan beberapa data atau file yang bersifat sementara pada aplikasi tersebut seperti misalnya data login, cache, basis data, history, dan juga bookmark agar aplikasi tersebut bisa berjalan kembali dengan normal.

  1. Hapus Aplikasi Yang Bermasalah

Untuk mengatasi aplikasi yang mengalami masalah force close di perangkat Android, maka Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang bermasalah. Cara yang satu ini harus Anda lakukan apabila masalah force close masih tetap terjadi setelah Anda menghapus data dan juga membersihkan cache. Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang bermasalah hingga ke akarnya, barulah setelah itu Anda bisa mengunduh dan menginstalnya kembali melalui Google Play Store.

  1. Lakukan Factory Reset

Jika masalah aplikasi yang mengalami force close masih belum bisa diatasi padahal Anda sudah melakukan ketiga cara di atas, maka satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah factory reset. Ya, cara yang satu ini memang dinilai sangat efektif untuk mengatasi hampir semua masalah yang terjadi pada sistem Android, namun perlu diingat bahwa proses factory reset akan menghapus seluruh data yang tersimpan sehingga Anda harus melakukan backup.

Masalah aplikasi yang sering mengalami force close memang akan sangat mengganggu, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang ada di atas.