LG G8X ThinQ, Smartphone Lipat Dengan Dual Display

Di acara IFA yang berlangsung di bulan September awal tahun 2019, LG secara resmi memperkenalkan LG G8X ThinQ. Smartphone tersebut adalah penerus dari generasi LG G8 yang sudah dirilis sejak bulan Februari tahun 2019.

Seperti yang diprediksi, LG G8X ThinQ memang mendapatkan sorotan dari banyak pihak. Pasalnya, memang LG G8X ThinQ ini punya banyak fitur unik.

Selain tampilan in display fingerprint yang baru pertama kali digunakan oleh LG di produk smartphonenya, LG G8X ThinQ ini juga membawa gelar smartphone layar lipat dari LG.

Lalu seperti apa spesifikasi lengkap dari LG G8X ThinQ tersebut? Selain itu, kapan LG G8X ThinQ akan dijual dan berapa harganya? Jika anda mau tau lebih lengkap mengenai hal tersebut, anda bisa baca informasinya di dalam artikel ini.

Desain Bodi dan Material Bodi LG G8X ThinQ

LG G8X ThinQ tidak dibuat secara asal-asalan. Jika dilihat dari desain maupun materialnya, LG G8X ThinQ ini sudah sangat jelas memang ditujukan untuk market smartphone flagship.

Pada bagian depan dan bagian belakang, G8X ini dilindungi dengan kaca dari Corning Gorilla Glass. Pada bagian depan menggunakan Corning Gorilla Glass 5, sedangkan di bagian belakang menggunakan Corning Gorilla Glass 6.

review fitur spek hp android lg g8x thinq 630x380 » LG G8X ThinQ, Smartphone Lipat Dengan Dual Display

Pada bagian frame bodinya, LG G8X ThinQ ini dibuat dengan menggunakan bahan aluminum. Dengan kombinasi tersebut, sudah dapat dipastikan bodi LG G8X ThinQ tidak hanya tampil lebih kuat namun juga lebih elegan.

Selain itu, LG G8X ThinQ ini juga sudah mendapatkan sertifikasi IP68 yang artinya tahan dengan debu maupun air. LG G8X ThinQ ini bisa bertahan di dalam air dengan kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.

Tak hanya itu saja, LG G8X ThinQ ini juga secara resmi menjadi salah satu produk LG yang mendapatkan sertifikasi MIL STD 810G Compliant. Sertifikasi tersebut memastikan bahwa LG G8X ThinQ ini sudah diuji ketahanannya dengan standard militer.

Layar Lipat Dengan Dual Display

LG G8X ThinQ bisa dikatakan paling mencolok dari tampilan layarnya. Cukup banyak orang memang menyebut G8X ThinQ ini adalah smartphone layar lipat dari LG.

Namun sebenarnya, LG G8X ThinQ ini bukan 100% smartphone dengan layar lipat. Pasalnya, yang dimaksud dengan layar lipat itu adalah cover pelindung khusus dari LG yang memiliki layar terpisah dengan ukuran yang sama seperti layar G8X ThinQ. Ketika dihubungkan, maka LG G8X ThinQ tampak seperti smartphone layar lipat.

Pada bagian layar, LG G8X ThinQ ini sebenarnya hanya dibekali dengan 1 buah layar dengan ukuran 6.4 inch dengan aspek rasio 19.5:9. Panel yang digunakan adalah panel dengan teknologi OLED.

Untuk fiturnya sendiri, layar LG G8X ThinQ ini sudah dibekali dengan cukup banyak fitur menarik seperti:

  • In display fingerprint
  • DCI P3 100%
  • HDR10
  • Always on Display

Lalu layar kedua yang berada di bagian cover LG G8X ThinQ ini juga menggunakan panel OLED dan ukuran yang sama.

Chipset, CPU, GPU, dan OS LG G8X ThinQ

Karena masuk kategori smartphone flagship, LG G8X ThinQ sudah dipastikan akan dibekali dengan chipset unggulan dari Qualcomm Snapdragon 855. Dengan menggunakan chipset tersebut, secara otomatis LG G8X ThinQ ini akan memiliki 8 inti CPU Kryo 485.

8 inti CPU Kryo 485 tersebut memiliki konfigurasi seperti 1 inti berkecepatan 2.84 Ghz, 3 inti berkecepatan 2.42 Ghz, dan 4 inti berkecepatan 1.78 Ghz.

Pada bagian GPU, LG G8X ThinQ ini akan dibekali dengan GPU berkualitas dari Adreno seri 640. Semua hardware tersebut akan menjalankan sistem operasi Android 9 atau Android Pie.

Memori Internal dan RAM

Untuk urusan penyimpanan data dan juga RAM, LG G8X ThinQ ini hanya tersedia dalam 1 pilihan yaitu memori internal kapasitas 128 GB dengan RAM berkapasitas 6 GB.

Untungnya, LG G8X ThinQ ini juga masih dibekali dengan slot microSD yang support hingga kapasitas 1 terabyte.

Kamera Utama dan Kamera Sekunder LG G8X ThinQ

Meskipun masuk golongan smartphone flagship, sayangnya LG G8X ThinQ ini tidak dibekali dengan kamera seperti kebanyakan smartphone flagship jaman sekarang.

LG G8X ThinQ hanya akan membawa total 3 buah kamera yang terdiri dari 2 kamera utama dan 1 kamera sekunder yang berada di bagian depan.

Kamera utamanya terdiri dari lensa 12 MP jenis standard dan 13 MP jenis ultrawide. Sedangkan pada bagian depan atau kamera sekundernya menggunakan lensa 32 MP.

Meskipun hanya terdiri dari 2 kamera saja, kamera utama LG G8X ThinQ ini sudah bisa merekam video dengan kualitas [email protected], [email protected]/60fps, [email protected], dan sudah mendukung perekam suara 24 bit/192 kHz stereo sound. Sedangkan untuk kamera depannya sudah bisa merekam video dengan kualitas [email protected]

Kapasitas Baterai LG G8X ThinQ

Untuk memastikan bisa mengoptimalkan semua fungsi hardware, LG G8X ThinQ dipastikan akan memboyong baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas 4000 mAh.

Sebagai tambahannya, LG juga memastikan akan melengkapi LG G8X ThinQ ini dengan fitur Quick Charge 4.0, USB Power Delivery, dan juga Wireless Charging 9W.

Selain itu, LG G8X ThinQ ini juga sudah menggunakan USB 3.1 tipe C 1.0 dan sudah support dengan fitur USB On The Go.

Menurut prediksinya, LG G8X ThinQ ini kemungkinan besar baru akan mulai dijual ke pasar global pada bulan Oktober tahun 2019 ini. Selain itu, sampai saat ini juga belum ada kepastian mengenai berapa harga jual LG G8X ThinQ ini nanti.