Kelebihan dan Kekurangan HP Android dengan Baterai Tanam

Diposting pada

Evolusi smartphone android memang sangat pesat. Jika dulu baterai smartphone hanya berupa baterai lepas pasang saja, saat ini smartphone android kebanyakan sudah mengadopsi jenis baterai tanam. Baterai tanam memiliki karakteristik yang cukup berbeda dengan baterai lepas pasang. Tentu saja terdapat keunggulan dan kekurangan pada smartphone android dengan baterai non removable. Jika dulu jenis baterai non removable terdapat pada smartphone premium, saat ini sudah marak pada produk menengah ke bawah.

Bagi anda yang masih ragu menggunakan smartphone dengan baterai tanam, sebaiknya kenali terlebih dulu apa saja keunggulan dan kelebihan dari jenis baterai ini. Jika anda sudah mengetahui apa saja keunggulan dan kelebihannya maka dengan mudah anda bisa menentukan apakah akan membeli jenis smartphone tersebut atau tetap memilih ponsel dengan baterai lepas-pasang. Bagi anda yang penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan hp dengan baterai tanam, berikut ulasannya.

Kelebihan dan Kekurangan HP Android dengan Baterai Tanam 630x380 » Kelebihan dan Kekurangan HP Android dengan Baterai Tanam

Kelebihan HP Android dengan Baterai Tanam

  1. Daya baterai lebih besar

Daya baterai untuk jenis tanam ini memang lebih besar dibandingkan yang berjenis lepas pasang. Hal ini disebabkan karena jenis baterai yang tidak bongkar pasang sehingga produsen memilih jenis daya dan kualitas yang unggul. Daya baterai tanam bahkan bisa lebih dari dua kali lipat. Hal ini membuat durasi pemakaiannya lebih panjang.

  1. Baterai lebih awet

Pada baterai tanam, peforma yang dihadirkan lebih stabil dan jarang mengalami masalah drop. Jika pada baterai lepas-pasang memiliki masa kadaluarsa tersendiri di beberapa tahun penggunaan, namun pada jenis baterai tanam ini kualitasnya lebih stabil. Anda tidak perlu repot lepas-pasang baterai dan khawatir peformanya cepat menurun.

  1. Body hp slim

Karena memiliki jenis baterai tanam tentu saja untuk space yang diperlukan di dalam kerangka ponsel tidak terlalu besar. Hal inilah yang membuat ponsel dengan baterai tanam kebanyakan memiliki body tipis. Desain ponsel dengan body tipis ini tentu saja lebih menarik dan elegan.

  1. Mudah mengganti SIM dan SD Card

Pada baterai removable anda mesti mencabut baterai terlebih dulu kemudian baru bisa mengganti SD Card dan kartu SIM. Namun pada jenis baterai tanam, port SIM dan SD Card berada di luar sehingga tidak merepotkan anda ketika mesti melepas atau memasang dua komponen tersebut. Mengganti SIM dan SD Card pun terasa lebih simpel dan cepat dengan posisi port yang ada di luar.

Kekurangan Baterai Tanam

  1. Sulit mengganti baterai

Hp dengan jenis baterai tanam memang didesain untuk tidak diutak-atik bagian baterainya. Hal ini memberikan kendala tersendiri jika suatu saat terjadi kerusakan atau hal darurat pada baterai android anda. Anda mesti membawanya ke service center untuk mengatasi hal tersebut. Berbeda dengan baterai removable dimana anda bisa langsung membeli pengganti baterai dan memasangnya sendiri.

  1. Sulit mengatasi hang

Jika terjadi hang pada perangkat smartphone, biasanya kita akan mematikan perangkat terlebih dulu kemudian melepas baterai dan memasangnya kembali. Hal tersebut berlaku untuk baterai removable. Namun jika kasus tersebut terjadi pada baterai tanam, kita tidak bisa melakukan hal demikian. Anda bisa menggunakan kombinasi beberapa tombol jika terjadi lag pada smartphone. Namun jika tidak memungkinkan cara satu-satunya adalah menunggu daya baterai sampai habis.

  1. Rawan konslet

Hp dengan baterai tanam tidak menyediakan akses untuk membuka cashing. Jika hal tak sengaja terjadi seperti terkena air, benturan, dsb di sekitar area baterai kita tidak bisa mengeringkan baterai secara langsung. Jika didiamkan terlalu lama maka akan menyebabkan baterai rawan konslet dan berujung pada kerusakan parah.

Nah itu dia berbagai macam kelebihan dan kekurangan menggunakan hp android dengan baterai tanam. Semoga menambah informasi anda dalam memilih smartphone android.