Huawei MediaPad M6 10.8, Tablet Dengan Chipset HiSilicon Tier Premium

Masa kejayaan tablet memang sudah berakhir. Namun bukan berarti tidak ada lagi yang membutuhkan tablet. Sebenarnya, makin banyak orang yang membutuhkan tablet di zaman sekarang sebagai pengganti laptop.

Pasalnya, kemampuan tablet dan ketersediaan aplikasi yang bisa dijalankan di tablet itu sudah hampir setara dengan yang bisa didapatkan di laptop.

Berbicara mengenai tablet, Huawei adalah salah satu vendor yang masih sering meluncurkan tablet generasi baru. Beberapa waktu lalu, Huawei kembali meluncurkan tablet yang bernama Huawei MediaPad M6 10.8.

Secara keseluruhan, Huawei MediaPad M6 10.8 ini mendapatkan rating yang cukup tinggi. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena spesifikasinya memang luar biasa.

Seperti apa spesifikasinya? Baca lebih lengkap spesifikasi dari Huawei MediaPad M6 10.8 di dalam artikel ini.

Display 10.8 Inch Dengan Panel IPS LCD

Jika dilihat dari ukuran layar yang dibawanya, Huawei MediaPad M6 10.8 ini memang sengaja dibuat untuk menyasar mereka yang mau beralih dari laptop ke tablet.

Pasalnya, MediaPad M6 dari Huawei ini membawa layar yang cukup besar yaitu 10.8 inch. Dari ukuran layarnya, jelas tablet ini lebih cocok untuk menggantikan laptop karena ukurannya tidak terlalu kecil.

review fitur harga spek tablet android huawei mediapad m6 10 8 630x380 » Huawei MediaPad M6 10.8, Tablet Dengan Chipset HiSilicon Tier Premium

Untuk panelnya, MediaPad M6 ini menggunakan panel IPS LCD capacitive touchscreen yang sudah mendukung penggunaan resolusi 2560 X 1600 piksel. Sedangkan kerapatan piksel dari panel yang digunakan di tablet inipun cukup tinggi yaitu 280 ppi.

Dilengkapi Dengan Chipset HiSilicon Seri Tertinggi Saat Ini

Di bagian layar, memang Huawei MediaPad M6 10.8 ini tampak biasa saja. Tidak ada yang terlalu istimewa di bagian layarnya.

Yang paling istimewa dari Huawei MediaPad M6 10.8 ini ada di bagian dapur pacunya. Tak main-main, Huawei membenamkan chipset besutannya yang merupakan chipset seri tertinggi saat ini yaitu HiSilicon 980.

Di dalam chipset HiSilicon 980 tersebut sudah terdapat CPU octa core dengan konfigurasi yang cukup unik yaitu 2 inti ARM Cortex A76 dengan kecepatan 2.6 Ghz, 2 inti ARM Cortex A76 dengan kecepatan 1.92 Ghz, dan juga 4 inti ARM Cortex A55 dengan kecepatan 1.8 Ghz.

Dengan dibekali chipset HiSilicon 980, secara otomatis Huawei MediaPad M6 10.8 juga memiliki GPU seri tertinggi yaitu Mali G76 MP10.

Dan chipset tier tertinggi yang dibenamkan di dalam Huawei MediaPad M6 10.8 ini juga dikawinkan dengan RAM berkapasitas 6 GB. sedangkan untuk memori internalnya, MediaPad M6 ini terdiri dari 2 pilihan kapasitas memori internal yaitu 64 GB dan 128 GB.

Belum cukup sampai disitu saja, Huawei MediaPad M6 10.8 ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang siap menampung microSD dengan kapasitas maksimal 512 GB.

Sedangkan untuk urusan sistem operasinya, Huawei MediaPad M6 10.8 ini menjalankan sistem operasi Android 9 dengan dilengkapi EMUI 9.1.

Kamera Tunggal di Bagian Depan dan Belakang

Meskipun punya dapur pacu yang begitu memukau, Huawei MediaPad M6 10.8 ini sama sekali tidak dibekali dengan kamera yang spesial.

Kamera yang dibawa di MediaPad M6 ini adalah kamera tunggal baik di bagian depan maupun belakang. Di bagian depan dibekali dengan kamera 8 MP. Sedangkan di bagian belakang dibekali dengan kamera 13 MP.

Namun memang kamera bukanlah hal yang begitu dipentingkan di dalam perangkat tablet. Untuk perangkat tablet, memang dapur pacu yang lebih dipentingkan.

Kapasitas Baterai Super Besar

Selain dapur pacunya, ada satu lagi bagian yang memang jadi sorotan di Huawei MediaPad M6 10.8 ini. Bagian tersebut adalah kapasitas baterai yang digendong MediaPad M6 ini.

Huawei MediaPad M6 10.8 ini membawa baterai yang kapasitasnya bisa dikatakan sangat besar yaitu 7.500 mAh. Jenis baterai yang dibawa adalah Li-Po non removable.

Sedangkan untuk pengisian dayanya sudah menggunakan port USB tipe C dan magnetic connector. Sayangnya, Huawei MediaPad M6 10.8 ini belum dilengkapi dengan fitur fast charging.

Jadi kemungkinan proses pengisian daya baterainya akan memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, kapasitas baterai yang harus diisi juga cukup besar.

Huawei MediaPad M6 10.8 ini sudah mulai dipasarkan di beberapa negara sejak bulan Juli 2019 lalu. Kisaran harga jualnya sendiri adalah mulai dari 409 Dolar atau setara 5,7 juta Rupiah untuk versi memori internal 64 GB. Sedangkan untuk yang versi memori internal 128 GB dijual dengan harga 509 Dolar atau setara 7,1 juta Rupiah.