Cara Relock Bootloader HP Xiaomi ke Kondisi OEM

Cara relock bootloader Xiaomi memang kurang begitu dibahas. Kebanyakan informasi yang bisa anda temukan di Internet hanyalah mengenai bagaimana caranya unlock bootloader dari HP Xiaomi saja.

Padahal, proses relock bootloader dari HP Xiaomi itu juga perlu diketahui oleh mereka yang punya HP Xiaomi dan terutama bagi mereka yang sudah berhasil melakukan unlock bootloader di HP Xiaominya.

Kenapa anda perlu tahu bagaimana cara relock bootloader Xiaomi? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa anda perlu tahu juga mengenai bagaimana caranya relock kembali bootloader HP Xiaomi yang sudah berhasil anda buka sebelumnya:

  • Jika anda sudah bosan gonta ganti ROM, anda bisa dengan mudah relock kembali bootloader HP Xiaomi anda ke standar OEM atau pabrikan lagi.
  • Jika anda mau menjual HP Xiaomi anda, maka anda sudah pasti harus relock bootloadernya terlebih dahulu.

Selain itu, terkadang anda juga perlu relock bootloader HP Xiaomi anda kembali karena alasan keamanan juga.

Jika anda ingin tau bagaimana caranya relock bootloader dari HP Xiaomi ke kondisi OEM lagi, anda bisa pelajari langkah-langkahnya di dalam artikel ini.

panduan relock bootloader xiaomi ke kondisi oem » Cara Relock Bootloader HP Xiaomi ke Kondisi OEM

Apa yang Anda Perlukan Untuk Relock Bootloader HP Xiaomi?

Sebelum membahas langkah-langkah untuk relock bootloader Xiaomi yang sebelumnya sudah anda unlock, anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan anda butuhkan dalam proses relock bootloader HP Xiaomi anda:

  1. Software minimal ADB dan Fastboot

Minimal ADB dan Fastboot adalah aplikasi yang anda butuhkan untuk melakukan relock bootloader dari HP Xiaomi seperti standar pabrikan.

Aplikasi tersebut harus anda pasang di laptop ataupun PC. Anda bisa mengunduh aplikasi Minimal ADB dan Fastboot tersebut langsung dari forum XDA.

  1. PC ataupun Laptop

Selain aplikasi Minimal ADB dan Fastboot, anda juga membutuhkan PC ataupun laptop untuk melakukan relock bootloader di HP Xiaomi.

PC ataupun laptop yang dibutuhkan tidak harus memiliki spesifikasi yang tinggi. PC ataupun laptop office saja sudah bisa digunakan untuk relock bootloader HP Xiaomi anda.

  1. Kabel data

Yang terakhir, anda juga membutuhkan kabel data untuk menghubungkan antara HP Xiaomi yang mau anda relock bootloadernya dengan PC atau laptop yang sudah anda pasang dengan aplikasi Minimal ADB dan Fastboot.

Langkah-Langkah Relock Bootloader Xiaomi ke Standar Pabrik

Jika anda sudah mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan, maka anda bisa mengikuti cara relock bootloader Xiaomi berikut ini:

  1. Unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Minimal ADB dan Fastboot di PC ataupun laptop yang mau anda gunakan untuk relock bootloader HP Xiaomi anda.
  2. Setelah itu, aktifkan terlebih dahulu mode USB Debugging di HP Xiaomi yang mau anda relock bootloadernya. Caranya dengan masuk kedalam menu pengaturan kemudian ke menu about. Cari versi MIUI dan tekan versi MIUI sebanyak 7 kali. Setelah itu, keluar dari menu about dan cari menu developer option. Dari dalam menu tersebut, aktifkan mode USB Debugging.
  3. Jika mode USB Debugging sudah diaktifkan, selanjutnya matikan HP Xiaomi anda. Setelah itu, aktifkan Fastboot Mode di HP Xiaomi anda dengan cara menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah. Jika berhasil, seharusnya ada tulisan fastboot mode yang muncul di layar HP Xiaomi anda.
  4. Setelah HP Xiaomi anda masuk kedalam fastboot mode, hubungkan HP Xiaomi tersebut dengan PC atau laptop yang sudah terpasang aplikasi Minimal ADB dan Fastboot. Pastikan anda sudah membuka aplikasi Minimal ADB dan Fastboot di PC atau laptop sebelum menghubungkan HP Xiaomi anda.
  5. Jika HP Xiaomi anda sudah terhubung dengan PC ataupun laptop yang terpasang aplikasi Minimal ADB dan Fastboot, maka selanjutnya anda bisa mulai mengetikkan perintah “fastboot devices” pada aplikasi Minimal ADB dan Fastboot (ketikkan tanpa tanda petik). Setelah itu, tekan enter.
  6. Kemudian, ketikkan lagi perintah “fastboot oem lock” (tanpa tanda petik) di aplikasi Minimal ADB dan Fastboot dan tekan enter.
  7. Setelah itu, anda hanya perlu menunggu prosesnya.

Cara Cek Apakah Proses Relock Bootloader HP Xiaomi Sudah Berhasil Atau Belum

Anda sudah mengetahui bagaimana cara relock bootloader Xiaomi, lalu bagaimana caranya untuk memastikan bahwa HP Xiaomi anda sudah berhasil di-relock bootloadernya?

Ada 2 cara untuk cek apakah proses relock bootloader di HP Xiaomi anda sudah berhasil atau belum. Berikut ini adalah 2 cara untuk cek berhasil tidaknya proses relock bootloader di HP Xiaomi anda:

  • Menggunakan aplikasi Minimal ADB dan Fastboot

Cara pertama untuk memastikan apakah proses relock bootloader di HP Xiaomi anda sudah berhasil atau belum bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Minimal ADB dan Fastboot.

Jadi selain bisa digunakan untuk relock bootloader dari HP Xiaomi, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk cek status dari bootloader HP Xiaomi anda.

Cara cek status bootloader HP Xiaomi anda juga cukup mudah. Hubungkan HP Xiaomi dengan PC ataupun laptop yang sudah anda pasang aplikasi Minimal ADB dan Fastboot.

Setelah itu, ketikkan perintah “fastboot oem device-info” (tanpa tanda petik) dan tekan enter. Jika proses relock sudah berhasil, maka info yang tertera akan bertuliskan “locked”.

  • Melihat status di HP Xiaomi saat booting

Selain menggunakan aplikasi Minimal ADB dan Fastboot, sebenarnya masih ada satu lagi cara paling mudah untuk cek apakah proses relock bootloader Xiaomi yang anda lakukan sudah berhasil atau belum.

Cara tersebut adalah dengan melihat secara langsung status di HP Xiaomi ketika sedang booting. Jika di bagian bawah HP Xiaomi anda tertulis locked saat booting, maka itu berarti bootloader HP Xiaomi anda sudah dalam kondisi terkunci seperti standar pabrikan.

Jadi bagaimana? Sudah paham bukan bagaimana cara relock bootloader Xiaomi beserta bagaimana cara cek apakah prosesnya berhasil atau belum?

Lalu bagaimana? Apakah anda akan segera melakukan relock bootloader pada HP Xiaomi yang anda miliki? Ataukah anda masih suka gonta ganti ROM untuk HP Xiaomi yang anda miliki?