Cara Paling Mudah Download Peta Offline di Google Maps

Uponsel.com-Cara Download Peta Offline Google Maps-Miliaran orang di seluruh dunia mengandalkan Google Maps untuk mencapai tujuan mereka, menemukan tempat baru, dan menemukan fasilitas umum terdekat. Tetapi aplikasi ini hanya berfungsi dengan baik dengan koneksi internet yang kuat. Setelah Anda keluar dari jaringan, banyak hal bisa menjadi masalah.

Ada kalanya Anda perlu mengakses suatu tempat tetapi Anda tidak memiliki data seluler. Dalam situasi seperti itu, memiliki peta offline bisa menjadi penyelamat. Dalam tips dan panduan ini, kita akan melihat cara paling mudah download peta offline di Google Maps pada ponsel Android, cara kerjanya, dan perbedaannya dari peta biasa.

Ada banyak alasan mengapa Anda harus mengunduh peta offline ke ponsel Anda, meskipun Anda menggunakan paket data tak terbatas. Misalnya, jika ada tempat di kota Anda dengan jangkauan jaringan yang buruk, peta offline dapat memastikan bahwa Anda masih mencapai tujuan dengan aman tanpa harus menunggu peta dimuat tanpa henti.

Bagaimana Cara Download Peta Offline?

Peta offline dapat berguna jika Anda tinggal di kota yang sering mengalami pemadaman listrik. Karena Anda tidak pernah tahu kapan pemadaman berikutnya akan terjadi, memiliki peta offline dapat melindungi Anda dari tersesat jika Anda berada di suatu tempat yang jauh dari rumah.

  Bagaimana Cara Menggunakan Google Maps Offline?

Peta offline sangat penting bagi wisatawan. Saat melakukan perjalanan darat, hiking, atau bepergian ke luar negeri, peta offline terbukti menjadi aset yang dapat diandalkan jika Anda kehabisan data dan tidak tahu cara mencapai tujuan atau perlu mencari pom bensin terdekat.

Cara Download Peta Offline Google Maps

  • Buka aplikasi Google Maps dan temukan tempat yang Anda inginkan
  • Gulir ke atas dari penggeser di bagian bawah, ketuk menu tiga titik, dan pilih Unduh Peta Offline.
  • Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk menyesuaikan ukuran peta. Tekan masuk atau keluar untuk memasukkan lebih banyak atau lebih sedikit area sekitar di peta Anda.
  •  Semakin banyak ruang yang Anda sertakan dalam peta, semakin banyak ruang penyimpanan yang akan digunakan di perangkat Anda. Anda akan melihat perkiraannya di layar Anda.
  • Klik Unduh untuk mulai menyimpan set peta secara offline

Untuk melihat peta offline yang Anda simpan, kembali ke halaman utama dengan keluar dari pencarian, klik gambar profil Anda, dan pilih Peta Offline. Anda dapat memperbarui peta offline dengan mengklik menu tiga titik di sebelah peta dan memilih Perbarui.

Cara Paling Mudah Download Peta Offline Google Maps di Android

Selain itu, Google Maps akan menyarankan tempat yang mungkin ingin Anda simpan, seperti rumah, kantor, tempat favorit, dan banyak lagi. Cukup klik ikon menu tiga titik di sebelah rekomendasi dan pilih Unduh untuk menyimpan tempat ini.

  Cara Mengatasi Google Find My Device Tidak Berfungsi di Android

Cara kedua dan paling manual untuk mengunduh peta adalah dengan mengklik pilih peta Anda di halaman daftar peta offline. Selanjutnya, atur area yang ingin Anda simpan dengan menyeret peta dan memperbesar atau memperkecil. Perhatikan bahwa Anda tidak dapat mengunduh peta offline China dan Korea Utara karena alasan yang tidak akan kami bahas hari ini.

Cara Kerja Peta Offline

Sehebat apa pun peta offline, peta tersebut tidak memberi Anda pengalaman Google Maps sepenuhnya karena alasan yang jelas. Anda dapat menggunakannya untuk navigasi, ya, tetapi ada beberapa hal yang harus diingat sebelum menggunakan peta offline:

  • Peta Offline tidak menampilkan data lalu lintas langsung, angkutan umum, bersepeda, atau petunjuk arah berjalan kaki. Itu juga tidak menunjukkan taksi, rute alternatif, atau berbagai jenis peta yang tersedia.
  • Tidak ada batasan resmi untuk jumlah peta offline yang dapat Anda simpan, tetapi ada batasan berapa banyak yang dapat Anda kurangi saat Anda menentukan ukuran peta.
  • Jika Anda sering bepergian, solusi cepat untuk pembatasan ini adalah dengan menyimpan beberapa peta offline dari wilayah yang berurutan.
  • Mengunduh peta offline dapat memakan waktu mulai dari 10 MB hingga 2 GB atau lebih, tergantung pada ukuran area yang Anda sertakan di peta dan seberapa padat area yang dipilih. Pada dasarnya, semakin banyak data yang ada di area yang dipilih, semakin besar filenya.
  • Peta bertahan offline selama satu tahun, setelah itu harus diperbarui, yang berarti jika Anda mengunduh peta pada 24 Mei 2022, peta akan tetap dapat digunakan hingga 24 Mei 2023.
  • Anda juga dapat menggunakan petunjuk arah belokan demi belokan, penelusuran, dan GPS di peta offline.

Mengubah Setting Peta Offline

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari peta offline Anda, ada baiknya untuk mengubah beberapa pengaturan Anda. Untuk melakukan ini, buka menu Peta Offline dan ketuk ikon Pengaturan. Di sini, Anda akan melihat pengaturan berikut:

  • Pembaruan otomatis peta offline: Membantu memperbarui peta offline Anda untuk mendapatkan navigasi seakurat mungkin. Google Maps akan secara otomatis memperbarui peta offline Anda saat akses internet dipulihkan.
  • Pengunduhan otomatis peta yang direkomendasikan: Memberikan izin kepada Google Maps untuk mengunduh peta tempat yang paling sering Anda kunjungi secara otomatis untuk kenyamanan maksimal.
  • Preferensi unduhan: Tetap atur preferensi ke Wi-Fi saja untuk menghemat data seluler dan masa pakai baterai Anda. Hanya izinkan pengunduhan melalui data seluler jika diperlukan.
  • Preferensi penyimpanan: Jika ingin menyimpan penyimpanan internal, Anda dapat menyetel Google Maps untuk menyimpan peta offline di kartu SD. Namun perhatikan bahwa peta offline bekerja lebih cepat dengan penyimpanan internal, jadi kami menyarankan Anda untuk tidak mengubah opsi ini.

Cara Alternatif Untuk Menyimpan Peta Offline

Jika Anda kehabisan penyimpanan atau tidak perlu menyimpan seluruh area, Anda masih dapat menggunakan Google Maps offline melalui solusi sementara. Saat online, temukan tujuan Anda, pilih rute Anda, dan mulailah bernavigasi seperti biasa. Google Maps akan secara otomatis menyimpan data ini untuk membantu memandu Anda ke tujuan meskipun Anda kehilangan sinyal di tengah penyeberangan.

Tentu saja, begitu Anda kehilangan sinyal, Anda tidak akan dapat melihat hal-hal seperti data lalu lintas langsung, tetapi Anda masih dapat mencapai tujuan dengan mudah dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah.

Solusi ini hanya disarankan jika Anda pergi ke lokasi terdekat, seperti kedai kopi atau toko buku. Melewati peta offline bukanlah ide yang paling bijaksana jika Anda bepergian atau di negara asing tanpa paket data aktif.

Jangan Pernah Tersesat Dengan Google Maps Offline

Tidak ada yang lebih buruk daripada tersesat di tempat asing dan tidak tahu bagaimana menuju ke tujuan Anda, dan terlebih lagi ketika Anda tidak memiliki koneksi internet untuk membantu Anda. Dalam hal ini, hal terbaik kedua yang bisa diandalkan adalah peta offline.

Tetapi ingat bahwa mengunduh peta offline adalah aktivitas proaktif, yang berarti Anda harus melakukannya sebelum meninggalkan akses internet yang nyaman. Google Maps tidak akan dapat membantu Anda jika Anda kehabisan data dan Anda belum mengunduh peta area tempat Anda berada, jadi sebaiknya lakukan sesegera mungkin untuk memastikan keselamatan Anda.

Demikian artikel mengenai Cara Paling Mudah Download Peta Offline di Google Maps. Semoga bermanfaat untuk para pembaca

error: This content is protected by DMCA