Cara Mudah Mengatasi Storage Running Out di Android

Uponsel.com-Cara Mengatasi Storage Running Out di Android-Memori penyimpanan yang hampir penuh biasanya akan memunculkan notifikasi tertentu. Notifikasi tersebut membuat anda kesulitan dalam menggunakan ponsel dan membuatnya sedikit mengganggu. Bagi anda yang mengalami masalah storage running out atau kondisi memori penyimpanan hampir penuh, jangan panik terlebih dulu. banyak cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Mulai dari memanfaatkan aplikasi cleaner, sampai dengan mencoba cara manual.

Cara-cara tersebut bertujuan untuk melegakan kapasitas memori penyimpanan. Kapasitas yang terlalu penuh ini bisa dikarenakan terlalu banyak aplikasi, foto, hingga cache yang dihasilkan oleh sistem dan aplikasi.

Cara Mengatasi Storage Running Out

Ada beberapa cara yang bisa anda coba sehingga proses pembersihan memori internal menjadi lebih efektif. Cara-cara ini bisa anda lakukan dengan beberapa langkah sehingga ponsel bisa bekerja normal lagi. berikut ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi storage running out.

Pindahkan Aplikasi dari Memori Internal ke eksternal

Jika anda tidak ingin menghapus aplikasi atau data tertentu, cukup pindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal. Cara satu ini bisa anda lakukan jika smartphone anda sudah dalam versi Kitkat keatas. Metode satu ini sangat ampuh untuk menghapus notifikasi yang penuh terus menerus. Buka menu Pengaturan kemudian tekan pilihan Unduhan. Cari nama aplikasi yang ingin anda pindahkan. Kemudian tap pilihan pindahkan ke kartu SD.

Hapus Data Aplikasi Tertentu

Masalah memori penyimpanan penuh ini juga bisa disebabkan karena terlalu banyak cache pada sistem android. anda bisa menghapus data cache pada aplikasi sehingga memori penyimpanan menjadi lebih ringan. Untuk melakukan langkah penghapusan ini, anda mesti membuka menu Pengaturan. Kemudian pilih aplikasi dan tekan Unduhan. Setelah itu cari nama aplikasi yang anda inginkan dan tekan Paksa Berhenti. Setelah itu pilih menu Hapus Data.

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Kemudian anda bisa menghapus aplikasi yang sudah jarang digunakan. Misalnya saat ini sudah banyak yang menggunakan WhattsApp, secara otomatis BBM android sudah jarang digunakan. maka anda bisa menghapusnya agar memori penyimpanan tidak terlalu berat. Buka menu Pengaturan. Kemudian tekan Aplikasi dan pilih menu Unduhan. Setelah itu cari nama Aplikasi yang diinginkan dan cari menu Copot Pemasangan. Metode satu ini bisa anda gunakan untuk smartphone Kitkat keatas.

  Tips Membersihkan File Yang Sulit Dihapus pada Android

Hapus File Cache

Setiap smartphone memiliki file cache yang cukup besar. bahkan kapasitasnya mencapai ratusan MB. dengan menghapus cache sama saja anda mendapatkan ruang kosong yang meringankan smartphone. anda bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk cara yang lebih praktis. Atau bisa menggunakan cara manual dengan masuk ke menu Pengaturan. Setelah itu tekan Aplikasi dan tap Unduhan. Cari nama aplikasi yang diinginkan kemudian pilih Hapus Cache.

Pindahkan File Foto dan Video ke Cloud Storage

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi cloud storage yang dapat Anda unduh secara gratis di Google Play. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan file penting seperti tugas kuliah, foto, dan bahkan video. Dengan menyimpan file ke penyimpanan cloud, Anda tidak perlu menyimpannya di ponsel Anda.

Namun, Anda masih dapat menggunakan file tersebut kapan pun Anda mau. Beberapa aplikasi penyimpanan cloud yang populer termasuk Google Drive, Dropbox, Mega, dan Box.

Baca juga: 

Demikian ulasan artikel tentang Cara Mengatasi Storage Running Out di Android. Sekian dan Semoga bermanfaat

error: This content is protected by DMCA