Cara Mengatasi “Unfortunately App Has Stopped” di Android

Uponsel.com-“Unfortunately System UI has stopped working”, “Unfortunately Messenger has stopped working”. Notifikasi Ini merupakan beberapa masalah yang terkadang mengganggu ponsel Android kita. Banyak hal yang dapat menyebabkan masalah, tetapi bisa juga karena aplikasi yang bermasalah, gangguan sistem, ruang penyimpanan yang tidak mencukupi, dll.Apakah Anda menghadapi masalah Unfortunately app has stopped di ponsel Android Anda? Berikut cara mengatasinya

Restart Hp Anda

Jika di hp anda muncul notifikasi Unfortunately System UI has stopped working (atau aplikasi apa pun dalam hal ini) di ponsel Anda, itu mungkin karena kesalahan sistem. Sistem mungkin terlalu banyak bekerja atau masalah yang tidak biasa mungkin terjadi. Jika demikian, memulai ulang ponsel Anda bisa menjadi kejutan.

  • Anda dapat restart sebagian besar ponsel Android secara paksa dengan menekan dan menahan tombol power selama sekitar 10 detik.

Jika tidak berhasil:

  • langkah awal yaitu, Tekan dan tahan tombol power hingga menu muncul
  • Selanjutnya pilih restart. pada beberapa ponsel Anda mungkin perlu swipe untuk merestart hp

Dalam kebanyakan kasus, restart ponsel Anda dapat membantu memperbaiki masalah sistem. Ya, karena akan menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan dan menyegarkan sistem. Jika aplikasi terus berhenti, coba solusi berikutnya!

Periksa Kapasitas Memori Internal dan RAM

Di antara hal-hal lain yang perlu disebutkan di sini, aplikasi dapat ngelag atau crash jika ponsel Anda kehabisan RAM atau penyimpanan. Jadi, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup di ponsel Anda. Pastikan juga Anda tidak menjalankan terlalu banyak aplikasi/proses latar belakang daripada yang dapat ditangani oleh ponsel Anda.

Update Aplikasi WebView Sistem Android

Sayangnya, masalah penghentian aplikasi Android juga muncul kembali pada Maret 2021, menyebabkan banyak pengguna kehilangan akses ke aplikasi. Untungnya, masalahnya dilacak ke aplikasi WebView sistem Android yang cacat, fitur inti dari banyak Google dan aplikasi lain. Namun demikian, sudah lama sejak Google merilis pembaruan untuk mengatasi masalah tersebut.Jadi, jika aplikasi Anda terus membeku, mogok, atau melambat di ponsel Anda, memperbarui aplikasi WebView sistem Android dapat membantu.

  • Buka aplikasi Play Store di ponsel Anda
  • Kemudian Ketuk ikon profil di sudut kanan atas
  • Klik ‘Kelola aplikasi dan perangkat’
  • Kemudian pilih “Pembaruan yang Tersedia”
  • Temukan “Android System WebView” dalam daftar dan tekan tombol perbarui untuk memperbaruinya
  • Anda juga dapat menginstal semua pembaruan aplikasi dengan menekan tombol “Perbarui Semua”.

Disarankan untuk me-restart telepon agar fungsionalitas penuh dari pembaruan WebView sistem diterapkan. Kami juga menyarankan untuk memperbarui Layanan Google Play dan Chrome jika Anda mengalami masalah dengan sebagian besar aplikasi Google.Jika ponsel Anda kemudian mengatakan “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”, coba solusi berikutnya.

  Bagaimana Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di iPhone?

Hapus Cache dan Data Aplikasi

Terkadang, data cache aplikasi dapat menyebabkannya tidak berfungsi, seperti aplikasi tidak dimuat, tiba-tiba berhenti, atau nglag. Dalam hal ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengatur ulang data yang di-cache sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan hp
  • selanjutnya yaitu Ketuk Aplikasi & Pemberitahuan
  • Ketuk Lihat semua aplikasi (atau opsi untuk melihat daftar aplikasi)
  • Sekarang pilih aplikasi yang terpengaruh dari daftar. Misalnya: Google, WhatsApp atau apa pun
  • Selanjutnya, penyimpanan dan cache
  • Terakhir, ketuk opsi “Hapus Cache”. Jangan luncurkan tombol “Hapus Data” saat ini.

Anda sekarang dapat menutup dan memulai ulang aplikasi yang tidak berfungsi untuk memastikannya tidak lagi mati dengan sendirinya. Jika demikian, Anda dapat menggunakan tombol “Hapus Data” untuk mengatur ulang aplikasi. Namun, data aplikasi akan dihapus.

Update Software Hp

Jika ponsel Anda masih menampilkan “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” setelah mencoba semua solusi di atas, kami sarankan Anda memeriksa pembaruan sistem. Seperti pembaruan aplikasi, pembaruan sistem memperkenalkan stabilitas sistem, fitur tambahan, perbaikan bug, dan banyak lagi.

Jadi, jika Anda menjalankan perangkat lunak ponsel versi lama, kemungkinan besar Anda akan kehilangan fitur dan stabilitas utama. Kami menyarankan Anda menginstal pembaruan terbaru di ponsel Anda, terutama jika Anda memiliki masalah di tingkat sistem, seperti saat UI sistem dibekukan di Android.Begini caranya.

  • Hidupkan Hp Anda
  • Ketuk Sistem, lalu pilih Pembaruan Sistem
  • Periksa pembaruan online. Dan jika ada, langsung saja download dan install

Bawa Hp Anda ke Teknisi Hp yang Berpengalaman

Terakhir, jika Anda masih mengalami masalah “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” di ponsel Android Anda, Anda mungkin ingin mencoba mengembalikan ke setelan pabrik. Tapi itu tidak selalu merupakan solusi yang baik. Terutama jika masalah hanya berlanjut dengan aplikasi. Menyetel ulang ponsel Anda membutuhkan banyak pengorbanan, termasuk mencadangkan dan memulihkan data Anda, menyetel ulang perpustakaan Anda, dan masuk ke semua akun Anda dan host lainnya.

Namun, ada opsi yang lebih baik. Jika solusi di atas tidak dapat mencegah aplikasi berulang kali crash, lag atau melambat, disarankan untuk mengunjungi teknisi hp yang berpengalaman untuk mendapatkan bantuan profesional.Sekilas, masalahnya tampak sederhana. Tapi sekarang justru sebaliknya. Jangan khawatir, para ahli tahu apa yang harus dilakukan pada tahap itu.

error: This content is protected by DMCA