Cara Mengatasi Lupa Kode Sandi di Ponsel Android

Uponsel.comLupa Kode Sandi Android-Mengunci layar ponsel adalah cara penting untuk menjaga kerahasiaan konten dan file pribadi Anda. Di zaman di mana ponsel Anda menyimpan informasi pribadi, pekerjaan, dan keuangan, mengunci ponsel Anda telah menjadi kebutuhan, bukan pilihan.

Tak perlu dikatakan bahwa perangkat Anda mungkin terkunci jika Anda lupa kode sandi ponsel Anda. Ada risiko lebih besar untuk lupa kata sandi berkat pemindai sidik jari pada perangkat baru yang menjadikan kata sandi sebagai cadangan.

Cara Mengatasi Lupa Kode Sandi di Ponsel Android

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan kembali akses ke ponsel Android Anda jika Anda lupa kata sandi Anda.Android memungkinkan Anda untuk memilih nomor yang Anda inginkan untuk PIN Anda. Jika Anda mencoba mengingat kode 4 atau 6 digit, pertimbangkan apakah panjang sandi sebenarnya berbeda. Ini dapat membantu Anda mengingatnya. Namun, jika Anda yakin lupa PIN Android, ada beberapa cara untuk membuka kunci ponsel.

catatan: Uponsel tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan pada ponsel anda. Metode yang ditunjukkan di situs ini tidak diuji untuk setiap ponsel, jadi cobalah dengan resiko anda sendiri dan disarankan konsultasi dengan teknisi hp yang lebih berpengalaman terlebih dahulu

Buka Kunci dengan Smart Lock

Smart Lock adalah fitur Android yang memungkinkan Anda menentukan kondisi tertentu untuk melewati keamanan layar kunci. Anda dapat menemukannya di Pengaturan > Keamanan > Smart Lock di sebagian besar ponsel, atau Pengaturan > Layar kunci > Jenis Smart Lock di perangkat Samsung.Tetapi sebelum Anda lupa PIN Anda, Anda harus mengaturnya.

Cara Mengatasi Lupa Kode Sandi di Ponsel Android (1)

Anda harus memasukkan lock pasword untuk mengubah fitur, kemudian dapat memilih dari lima opsi untuk membuka kunci ponsel tanpa kata sandi.

  • Deteksi Tubuh: Ponsel Anda akan mendeteksi ponsel Anda dan secara otomatis membuka kunci saat berada di tangan atau saku Anda.
  • Tempat tepercaya: Gunakan lokasi Anda untuk membuka kunci ponsel saat Anda berada di dekat alamat yang Anda pilih.
  • Perangkat tepercaya: Sambungkan ke perangkat Bluetooth tepercaya, seperti pelacak kebugaran atau mobil, agar perangkat Anda tidak terkunci.
  • Wajah Tepercaya: Gunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel Anda.
  • Voice Match: Membuka kunci ponsel Anda saat mengenali suara tepercaya. Sayangnya opsi ini telah dihentikan di Android 8 Oreo dan lebih tinggi, tetapi masih berfungsi pada perangkat yang lebih lama.

Jika Anda telah menyiapkan satu atau beberapa opsi ini sebelum Anda lupa kata sandi, Anda dapat menggunakannya untuk menggunakan telepon lagi.

Namun, Anda tidak dapat mengubah Smart Lock atau pengaturan kata sandi kecuali Anda memasukkan kata sandi saat ini. Jadi, Anda mungkin perlu mengatur ulang ponsel Android Anda ke setelan pabrik, tetapi setidaknya buat cadangan semuanya terlebih dahulu.

Gunakan Prompt Lupa PIN

Jika Anda menggunakan ponsel lama dengan Android 4.4 KitKat atau versi lebih lama, Anda dapat menyetel ulang sandi melalui layar kunci. hal ini menggunakan akun Google dan langkah-langkah berikut diperlukan.:

  • Masukkan pola yang salah di layar kunci hingga Anda melihat Failed beberapa kali. Silakan coba lagi setelah pesan 30 detik.
  • Saat Anda mengetuk Lupa Pola, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi akun Google Anda.
    Masukkan alamat email dan kata sandi Anda.
  • Anda sekarang dapat mengatur ulang pola layar kunci. Cukup ketuk tab masuk, lalu buka pengaturan buka kunci layar untuk mengatur pola layar kunci baru.Sayangnya, Google telah menghapus opsi ini di versi Android yang lebih baru.

Jika Anda belum menyiapkan Smart Lock, tidak memiliki ponsel lama, atau tidak memiliki perangkat Samsung, hal di atas tidak akan membantu.

Hapus File PIN Menggunakan ADB

Di Android, sistem membuat file KEY untuk menyimpan semua kredensial pengguna, seperti sidik jari, pola, atau kata sandi lainnya. Ini untuk memastikan bahwa memasukkan kata sandi yang benar akan segera membuka kunci sistem dan menolak akses ke telepon jika kata sandi yang dimasukkan salah.

Utilitas Android Debug Bridge (ADB) memungkinkan Anda mengakses file ponsel melalui komputer. Anda dapat memanfaatkan ini untuk menghapus file yang mengontrol keamanan layar kunci ponsel Anda.
Namun, metode ini hanya akan berfungsi jika:

  • USB debugging diaktifkan pada ponsel Anda. Jika Anda belum pernah masuk ke panel Opsi Pengembang, itu mungkin tidak diaktifkan.
  • Mengizinkan komputer terhubung ke telepon melalui ADB. Jika Anda tidak terbiasa dengannya, berikut panduan menggunakan ADB.
  • Telepon Anda tidak dienkripsi. Dimulai dengan Android 6.0 Marshmallow, Google mengharuskan semua ponsel Android dikirimkan terenkripsi. Jadi itu tidak akan berfungsi pada perangkat yang lebih baru.
  Cara Termudah Screenshot di Smartphone Vivo

Cara ini tidak dijamin berhasil dan dapat merusak telepon Anda jika Anda tidak hati-hati. Jadi, kami sarankan Anda mencadangkan semua yang ada di perangkat Android Anda sebelum melanjutkan.Jika ponsel Anda memenuhi persyaratan ini, Anda dapat membuka kunci ponsel dengan langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan ponsel Anda ke personal computer atau laptop melalui kabel USB.
  • Buka command prompt atau jendela terminal ke direktori instalasi ADB.
  •  Ketik adb shell rm /data/system/gesture.key dan klik Enter
  • Hidupkan ulang ponsel Anda. Setelah Anda melakukannya, secure lock screen akan hilang.
  •  Ini adalah kondisi sementara, jadi setel ulang PIN atau kunci pola Anda sebelum memulai kembali.

Mengatasi Lock Screen Error

Metode ini berfungsi untuk ponsel terenkripsi yang menjalankan Android 5.0 hingga 5.1.1. Jadi ini hanya cocok untuk sebagian kecil ponsel tetapi patut dicoba jika Anda kebetulan menemukannya.
Untuk menonaktifkan layar kunci dan mengakses ponsel Anda:

  • Ketuk emergency call di layar kunci.
  • Gunakan dialer untuk memasukkan 10 tanda bintang.
  • Klik dua kali untuk menyorot teks ini dan pilih Salin.
  • Letakkan karakter yang dipilih di sebelah karakter asli yang akan disalin
  • Terus ulangi proses ini untuk menambahkan lebih banyak karakter ke ruang sandi sampai klik dua kali berhenti menyorot karakter
  • Buka shortcut kamera dan pull down pemberitahuan ke bawah
  • Klik pada ikon Pengaturan, di mana Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi.
  • Tekan lama pada kolom entri dan pilih opsi “Tempel”. Kemudian ulangi proses beberapa kali untuk menyalin dan menempelkan lebih banyak karakter.

Lakukan Factory Reset

Jika cara di atas tidak berfungsi, maka Anda harus menggunakan reset pabrik. Tentu saja, ini akan menghapus semua data di ponsel Anda. Jika Anda masuk ke akun Google Anda dan mencadangkan, Anda dapat masuk lagi ke akun yang sama setelah mengatur ulang dan memulihkan banyak data Anda.

Karena ponsel Anda terkunci, Anda perlu menggunakan metode lain untuk melakukan reset. Cara termudah adalah dengan menggunakan Google Find My Device. Selama fitur ini diaktifkan di ponsel, Anda dapat mengetuk opsi Hapus perangkat di page untuk me-resetnya.

Jika Anda tidak dapat menggunakan metode ini, Anda harus melakukan reset pabrik secara manual. Berikut caranya:

  •  Matikan ponsel Anda
  • Setelah layar benar-benar hitam, tekan dan tahan tombol Volume Turun dan Daya secara bersamaan untuk membuka menu bootloader Android. Kombinasi tombol ini dapat bervariasi tergantung pada ponsel Anda.
  • Tekan tombol Volume Turun dua kali untuk memilih opsi Mode Pemulihan, lalu tekan tombol Daya untuk memilihnya.
  • Tahan tombol Daya dan tekan tombol Volume Naik sekali untuk masuk ke mode pemulihan.
  • Gunakan tombol volume untuk menavigasi ke opsi Hapus data/reset pabrik. Ikuti langkah-langkah untuk melakukan reset pabrik.

Setelah perangkat dimulai ulang, kembali ke penyiapan. Anda akan diminta untuk masuk kembali ke akun Google Anda, yang akan memulihkan semua data yang dicadangkan.Disarankan untuk mengaktifkan fitur Smart Lock setelah Anda mengatur telepon Anda. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah membuka kunci ponsel Android di Wi-Fi rumah dan menghindari membuka kunci ponsel secara manual setiap saat.

Metode ini dapat mengembalikan Anda ke ponsel Android, tetapi tidak akan membantu Anda mengingat kata sandi untuk masuk di masa mendatang. Anda tidak ingin mengulangi langkah-langkah ini lagi, jadi sebaiknya lakukan tindakan pencegahan sekarang agar Anda tidak lupa kode sandi Anda di masa mendatang.
Berikut adalah beberapa tips untuk mengingat kata sandi Android Anda di masa mendatang.

  • Simpan salinan fisik kata sandi Anda di suatu tempat yang hanya dapat Anda akses, seperti asword manager
  • Selalu gunakan kata sandi yang kuat yang dapat Anda ingat daripada menggunakan kata sandi yang jelas.
  • Pastikan Anda masuk ke akun Google Anda dan setidaknya satu opsi Smart Lock diaktifkan.
  • Cadangkan data Android Anda untuk melunakkan pukulan jika Anda harus melakukan reset pabrik lagi.
    Ingat kode sandi Anda

Demikian artikel mengenai cara mengatasi lupa kode sandi di Ponsel android. Semoga bermanfaat

Originally posted 2022-05-20 15:33:08.

error: This content is protected by DMCA