TIPS AMPUH..! Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

Uponsel.com-Cara mengatasi hp panas – Saat ini smartphone merupakan salah satu gadget kebutuhan semua orang. Baik itu mulai dari remaja, dewasa hingga orang tua selalu terlihat menggenggam smartphone dimana dan kapan saja.

Hal tersebut dikarenakan kita sudah berada di era yang dimana serba membutuhkan teknologi. Maka tidak heran jika kebanyakan orang menggunakan smartphone dalam waktu yang lama.

Namun perlu diingat dalam menggunakan smartphone dengan jangka waktu yang lama dapat membuat hp tersebut menjadi panas. Terutama bagi kalian pengguna smartphone dengan type Baterai Non-Removeble pasti sering merasakan hal ini.

Supaya kalian mengetahui cara mengatasi hp panas batre tanam dapat simak artikel dibawah dengan baik dan benar.

CARA MENGATASI HP PANAS BATRE TANAM

Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

Ada banyak penyebab kenapa hp panas ketika di gunakan dengan jangka waktu yang lama. Bahkan masalah tersebut juga dialami oleh berbagai merk hp.

Apalagi bagi kalian yang suka bermain game pasti sering mengalami hp terasa panas. Nah supaya hal tersebut tidak terjadi lagi kalian bisa simak tips dari artikel berikut :

1. Hindari Menggunakan Smartphone Ketika di Charger

Sering kali saya menemukan para remaja hingga adik-adik diluar sana ketika bermain smartphone sambil di charger. Hal tersebut dapat mengakibatkan tekanan suhu pada smartphone menjadi panas dan baterai tidak bisa terisi secara maksimal.

Sehingga kalian perlu menghindari hal tersebut dan menunggu pengisian daya hingga penuh. Cara mengatasi hp panas ini juga cocok untuk semua type smartphone.

2. Lakukan Pengisian Daya Sebelum Baterai Habis

Jenis baterai tanam yang dipasang pada smartphone oleh para produsen ponsel sekarang adalah Lithium Polimer. Dimana baterai akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk mengisi daya sebelum baterai benar-benar habis.

Maka mulai sekarang jika smartphone kalian memberikan indikasi baterai lemah jangan di tunda dan segera lakukan pengisian daya. Dimana cara ini adalah langkah terbaik untuk mengatasi hp panas pada baterai non-removeble.

3. Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Pengisian daya terlalu berlebihan pada smartphone merupakan salah satu penyebab hp cepat panas dan boros. Maka cara mengatasinya adalah jika baterai sudah penuh secara maksimal jangan lupa dicabut bagian adaptor dari colokan.

Jika kalian terlalu sering membiarkan hal tersebut maka baterai atau smartphone kalian akan terjadi overcharger. Sehingga bentuk baterai akan berubah menjadi mengembang dan performa dari baterai tersebut menjadi lemah.

4. Lakukan Pengisian Daya Walaupun Smartphone Tidak Digunakan

Jika kalian sudah tidak menggunakan smartphone selama beberapa hari atau bulan kedepan maka diharapkan untuk mengisi daya baterai smartphone tersebut. Supaya ketika akan disimpan baterai smartphone kalian dalam keadaan full.

Selain itu juga kalian tidak boleh membiarkan begitu saja smartphone yang kalian simpan tadi. Kalian bisa lakukan pengecekan status baterai jika baterai smartphone terlihat habis maka lakukan pengisian daya.

Hal ini merupakan langkah cara mengatasi hp panas dan boros ketika akan digunakan kembali setelah di simpan beberapa hari.

5. Gunakan Charger Smartphone Yang Original

Cara mengatasi hp panas batre tanam adalah dengan menggunakan charger asli atau orginal bawaan smartphone kalian. Baterai smartphone yang memiliki type Non-Removeble sangat rentan jika menggunakan charger bukan asli dari smartphone tersebut.

Maka untuk menghindari kerusakan pada baterai tanam tersebut kalian harus menggunakan charger asli ketika pengisian daya. Jika charger original lama kalian sudah rusak maka dapat membeli yang baru di konter terpercaya kalian.

6. Gunakan Pengaturan Kecarahan Layar Manual

Jika kita pikirkan kecerahan layar merupakan hal yang sangat sepele penyebab batre tanam hp kalian menjadi panas. Settingan Auto-Brightness adalah solusi para pengguna smartphone dalam mengatur kecerahan layar mereka.

Tetapi jika kita perhatikan lagi pengaturan Auto-Brightness tersebut dapat menyebabkan hp panas dan boros. Maka uPonsel sarankan untuk menggunakan settingan kecerahan layar secara manual saja.

7. Charger Smartphone Sudah Rusak

Tips ampuh cara mengatasi hp panas batre tanam lainnya adalah dengan memeriksa apakah charger smartphone kalian bermasalah atau tidak. Biasanya ciri-ciri charger yang sudah rusak atau bermasalah adalah ketika pengisian daya baterai tidak mau bertambah.

  Spesifikasi dan Harga Huawei Y6 Pro, Ponsel Murah Huawei
Baca Juga :

Sehingga hal tersebut dapat berpengaruh besar pada baterai tanam yang ada pada Smartphone kalian. Dimana seharusnya charger memberikan fungsi secara optimal ketika pengisian daya tetapi disini justru merusak sistem dari baterai smartphone kalian.

8. Membersihkan Cache Pada Google Play Service

Google Play Service merupakan salah satu aplikasi terpenting yang ada pada smartphone kita. Selain tidak bisa dihapus aplikasi ini juga memberikan dampak buruk pada smartphone kita.

Dampak buruknya adalah aplikasi ini dapat membuat daya batre tanam kalian menjadi boros dan panas. Cara mengatasi hp panas batre tanam karna aplikasi Google Play Service ini adalah dengan menghapus bagian Cachenya.

Caranya kalian masuk ke bagian menu Setting > Aplikasi >  All > Google Play Service setelah itu tap Clear Cache. Selanjutnya tunggu hingga proses penghapusan cache selesai.

9. Lakukan Upgrade Sistem Smartphone Kalian

Sistem pada smartphone kita sering kali menguras daya baterai sekaligus kapasitas RAM. Dimana hal tersebut dikarenakan aplikasi yang selalu berjalan di latar belakang smartphone kita.

Bahkan asal kalian ketahui sistem yang berjalan di latar belakang hp dapat memakan baterai kurang lebih 25% daya. Sehingga tidak heran jika baterai hp kalian tiba-tiba boros dan menimbulkan efek panas.

Cara mengatasi hp panas batre tanam yang satu  ini adalah dengan melakukan upgrade sistem ke versi terbaru di smartphone kalian. Jika tidak berhasil kalian juga dapat melakukan Factory Riset pada smartphone kalian.

10. Perpendek Jangka Waktu Pengaturan Sleep Smartphone

Memperpendek jangka waktu pengaturan sleep pada smartphone kalian dapat mengatasi hp panas dan boros. Semakin pendek screen timeout pada smartphone kalian maka semakin awet pula batre tanam kalian.

Cara nya adalah dengan masuk ke pengaturan piih menu Layar & Kecerahan > Pilih Layar Otomatis Mati > kalian dapat memilih waktu tersingkat misalkan 5 Menit. Maka setelah pengaturan sleep tadi berhasil ketika smartphone kalian diam selama 5 menit maka layar akan sleep dengan sendirinya.

11. Buang Aplikasi Boros Baterai

Memasang aplikasi terlalu banyak dapat menguras baterai pada smartphone menjadi boros dan panas. Cara mengatasi hp panas dan boros karna terlalu banyak aplikasi yang dipasang adalah dengan menghapus salah satunya.

Kalian dapat memeriksa satu persatu aplikasi tersebut apakah menguras daya baterai atai tidak. Caranya masuk ke menu Pengaturan > Baterai > kemudian cek salah satu aplikasi yang menguras daya baterai terbesar.

Maka jika sudah ketemu aplikasi apa saja setelah itu kalian bisa menghapus aplikasi tersebut jika memang tidak terpakai. Cara lain untuk memonitor daya baterai dapat menginstal aplikasi Gsam Battery Monitor supaya lebih mudah.

Penutup :

Demikian tadi artikel uPonsel yang membahas tentang Cara Mengatasi Hp Panas Batre Tanam semoga dapat bermanfaat. Beberapa langkah di atas dapat kalian gunakan sebagai antisipasi dalam menangani hp panas terutama bagi smartphone yang bertype Baterai Non-removeble.

Sekian dari kami, terima kasih…

error: This content is protected by DMCA