Begini Cara Mengatasi Hp Panas Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Uponsel.com-Apakah sobat ponsel sedang mencari apa penyebab hp panas dan bagaimana cara mengatasi hp panas..? Hp panas terkadang tidak hanya dikarenakan oleh 1 hingga 2 penyebab saja.

Namun banyak sekali yang mempengaruhi hp atau smartphone menjadi panas dan baterai cepat habis. Nah supaya lebih jelas tips dan bagaimana cara mengatasinya , kalian bisa simak penjelasan artikel yang uPonsel bagikan berikut ini :

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI HP PANAS

Begini Cara Mengatasi Hp Panas Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Penyebab hp panas tentu saja banyak sekali yang mempengaruhi hal tersebut. Diantaranya seperti terlalu lama menggunakan hp atau bermain game, suhu ruangan, masalah pada harware dan lain sebagainya.

Sehingga ketika hp panas seluruh kegiatan dan aktivitas kalian akan tertunda atau tidak akan selesai. Maka kalian jangan mengabaikan jika hp sudah mengalami beberapa hal di atas tadi.

Apabila kalian mengabaikan masalah tersebut maka taruhannya adalah hp kalian sendiri. Nah disini uPonsel memberikan beberapa penjelasan tentang penyebab hp panas dan cara mengatasi hp panas.

Berikut penjelasan Penyebab dan cara mengatasi hp panas silahkan ikuti artikel dibawah ini

  • Terlalu Berlebihan

Membuka aplikasi secara bersamaan atau biasa disebut dengan multytasking akan menyebabkan hp kalian menjadi panas. Seperti membuka Browser, Instagram, WhatsApp, TikTok dan lain sebagainya.

Dikarenakan sistem yang ada pada hp kalian akan berkerja keras untuk menjalannya terutama pada sistem Prosesor. Yang dimana prosesor merupakan perangkat lunak yang membutuhkan daya baterai yang sangat besar.

Sehingga hal tersebut membuat suhu hp kalian menjadi naik dan kemudian performa hp menjadi lemah. Maka jika kalian memaksakan hal tersebut umur hp kalian akan semakin pendek.

– Cara Mengatasinya :

Maka cara mengatasi hp yang cepat panas dan boros baterai karena terlalu berlebihan adalah dengan menggunakan hp sewajarnya saja. Jangan membuka atau melakukan multytasking pada hp yang memiliki kapasitas RAM yang kecil

Selain itu jika hp kalian sudah terasa panas dan sudah menembus bagian case maka uPonsel sarankan untuk berhenti untuk menggunakannya. Kalian bisa membuka case hp kalian lalu dinginkan dengan meletakkannya di lantai yang dingin.

  • Suhu Ruangan

Ternyata suhu pada ruangan yang kalian tempati juga dapat menyebabkan hp menjadi panas. Maka jika kalian berada di ruangan yang bersuhu panas secara otomatis hp kalian juga ikut panas.

Hal tersebut dapat membuat hp kalian menjadi overheat dan performa hp kalian menjadi lemot hanya dikarenakan prosesor hp bersuhu tinggi.

– Cara Mengatasinya :

Jangan menggunakan atau bermain hp di ruangan yang bersuhu panas seperti di dalam mobil tidak ber-AC atau ruangan lainnya. Selain itu kalian juga harus menghindari suhu ruangan yang dingin dikarenakan akan membuat komponen pada hp menjadi lembab.

Jika sudah terjadi lembab maka komponen tersebut akan berkarat dan kemudian hp kalian menjadi rusak. Maka pilihlah suhu yang sesuai dengan kondisi hp kalian jangan terlalu panas ataupun terlalu dingin.

  • Aplikasi Terbuka di Latar Belakang

Terbukanya aplikasi yang berada di latar belakang juga akan membuat hp kalian menjadi lemot dan panas. Dikarenakan untuk menjalankan aplikasi tersebut membutuhkan kinerja dari Prosesor dan juga Memori RAM pada hp.

Sehingga jika aplikasi yang terbuka jumlahnya banyak maka akan membuat daya baterai menjadi terkuras. Selain itu jika aplikasi yang dijalankan membutuhkan internet maka akan kuota kalian akan terkuras juga.

– Cara Mengatasinya :

Kalian bisa menghapus beberapa aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol home selama 5 detik. Kemudian tekan tombol bergaris 3 setelah itu hapus aplikasi yang masih berjalan.

Maka cara mengatasi hp panas dan lemot akan dapat teratasi kemudian performa hp kalian akan kembali normal.

  • Malware atau Virus

Penyebab hp panas bisa terjadi karena ada virus yang bersarang pada hp kalian. Bersarangnya virus ini dikarenakan ketika kalian mendownload aplikasi tidak melalui toko resmi seperti Playstore atau Appstore.

Selain itu jika kalian sering mengunjungi situs berbahaya maka akan banyak malware yang bersarang di hp kalian. Cara kerja malware ini adalah mencuri berbagai jenis data yang ada pada hp kalian.

  Vivo Y20S HP Android Murah dengan Ruang Penyimpanan Besar

Sehingga kegiatan yang dilakukan malware tersebut membutuhkan daya dan juga kinerja yang cukup besar. Maka tidak heran jika hp sudah terdapat marlware didalamnya sering kali menimbulkan masalah hp panas.

BACA JUGA :

– Cara Mengatasinya :

Lakukan scan anti virus di hp kalian secara berkala supaya terhindar dari virus berbahaya yang dapat membuat hp lemot dan panas. Caranya kalian bisa menggunakan aplikasi bawaan dari hp yang dimana sudah terinstal sebelumnya.

Tetapi aplikasi tersebut tidak semestinya dapat melindungi dan menghalangi hp kalian dari virus yang berbahaya. Maka langkah selanjutnya kalian bisa menginstal beberapa aplikasi pendukung seperti dibawah ini :

– Virus Cleaner

– Security Master

– 360 Security

– Avast Antivirus

– CCleaner

dan masih banyak lagi….

  • Di Charge Sambil Bermain Game

Bermain sambil di charge sering kali dilakukan oleh para gamers yang dimana membuat pengisian daya baterai tidak berjalan maksimal. Dikarenakan hp akan menjalankan dua pekerjaan sekaligus yang akan menyebabkan hp menjadi panas.

Selain itu jika kegiatan tersebut kalian lakukan terus menerus maka akan membuat hp kalian cepat rusak. Sehingga bukannya hp tambah awet dan menghasilakan malah menjadi merugikan diri kalian sendiri.

– Cara Mengatasinya :

Pada masalah di atas cara mengatasi hp panas adalah dengan mengurangi kegiatan mencharge sambil bermain game. Kalian bisa berhenti sejenak bermain game dan melakukan pengisian daya dengan mode pesawat atau mode off.

  • Banyak File Yang Tersimpan

File yang menumpuk pada hp biasanya disebabkan karena mendownload aplikasi kemudian tidak pernah menggunakannya. Seperti File dan Cache yang dimana akan terus menumpuk jika aplikasi tersebut masih terinstal di hp kalian.

Penumpukkan file tersebut membuat prosesor pada hp kalian tidak dapat berjalan secara maksimal dan membuat hp cepat panas.

– Cara Mengatasinya :

Langkah awal yang dapat kallian lakukan cara mengatasi hp gampang panas adalah menghapus file yang tidak digunakan, setelah itu kalian bisa mulai menghapus dari dokumen-dokumen dan file galeri yang sudah tidak penting.

Jika ada yang masih penting maka kalian bisa melakukan backup file ke komputer atau flashdisk. Selain itu kalian bisa menggunakan aplikasi ke 3 untuk menghapus file seperti aplikasi dibawah ini :

– File Manager

– AMC Security

– Avast Cleanup and Boost

dan aplikasi lainnya….

  • Menggunakan Case Hp Yang Salah

Jika kalian ketahui dalam memilih dan menggunakan case pada hp tidak boleh sembarang. Dikarenakan kesehatan hp kalian juga perlu diperhatikan seperti sirkulasi udara dan perambatan panas pada case tersebut.

Jika kalian menggunakan case yang tidak memiliki sirkulasi udara dan perambatan panas yang maksimal. Maka case hanya akan menyebabkan hp panas dan performa prosesor hp kalian akan lambat.

– Cara Mengatasinya :

Langkah awal untuk cara mengatasi hp cepat panas kalian bisa melepaskan case pada hp kemudian dinginkan hp kalian. Selain itu kalian juga bisa mengganti case tersebut dengan case yang dapat menyerap panas pada hp kalian.

Penutup :

Maka itu tadi beberapa penjelasan dari kami uPonsel yang berjudul Begini Cara Mengatasi Hp Panas Yang Belum Banyak Orang Ketahui semoga dapat membantu. Namun perlu diingat tidak semua penyebab hp panas di atas dapat kalian jadikan referensi.

Maka solusi terbaik cara mengatasi hp cepat panas adalah dengan menghentikan seluruh kegiatan hp yang kalian lakukan. Supaya prosesor dan seluruh komponen yang ada pada hp kalian dapat beristirahat sejenak. Jika kalian ingin bertanya silahkan ketik di kolom komentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih……..

error: This content is protected by DMCA