Tidak Harus Ke Konter, Begini 8 Cara Mengatasi HP Lemot 99% BERHASIL

Uponsel.comCara Mengatasi Hp Lemot – Hallo selamat datang sobat uPonsel, apakah saat ini kalian sedang mengalami masalah Hp lemot dan suka bikin greget..? Terkadang smartphone lambat biasanya disebabkan oleh berbagai masalah diantaranya adalah memori sudah penuh ataupun lain sebagainya.Namun masalahnya tidak hanya itu, untuk mengetahui lebih lengkapnya kamu bisa bacar artikel ini sampai dengan selesai.

8 Cara Mengatasi HP Lemot 99% BERHASIL

Cara Mengatasi Hp Lemot

Rasa tidak nyaman dalam bermain smartphone adalah ketika hp lemot dan kemudian mati total. Sehingga semua hal yang kita lakukan / kerjakan sebelumnya akan terhambat.

Terutama bagi kalian seorang siswa/i atau mahasiswa/i yang sedang mengerjakan tugas sekolah/kampus secara daring. Seharusnya pekerjaan tugas tersebut cepat selesai malah jadi lambat dan tidak akan selesai dikarenakan hp lemot.

Nah disini uPonsel akan membantu kalian untuk mengatasi hal tersebut. Namun sebelumnya kalian perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan hp kalian menjadi lemot.Berikut beberapa rangkuman masalah yang menyebabkan hp kalian menjad lemot :

1. Kapasitas Memori Hp Sudah Penuh

Penyebab yang sering terjadi ketika hp lemot adalah kapasitas memori internal smartphone kalian sudah penuh. Dikarenakan ketika smartphone beropreasi pasti membutuhkan performa yang besar, maka jika memori internal penuh performa smartphone kalian akan menurun.

Cara terbaik untuk menghindari dan mengatasi hp lemot karena kapasitas memori internal penuh adalah menggunakan memori eksternal. Yang dimana tugas memori eksternal tersebut adalah sebagai tempat penyimpanan kedua di dalam smartphone kalian.

Diantaranya digunakan sebagai tempat penyimpanan backup data pada foto, video, media, aplikasi dan lain sebagainya. Selain itu juga jika memori eksternal ini sudah penuh maka dapat kalian pindahkan ke laptop atau pc kalian.

Sehingga kalian tidak perlu menggangu memori internal untuk melakukan pemilihan data penting atau pun lain sebagainya.

2. Aplikasi Yang di Pasang Terlalu Berat

Masalah yang kedua adalah dikarenakan beratnya aplikasi yang dipasang pada smartphone kalian. Sehingga ini dapat menyebabkan hp lemot dan kemudian menguras baterai pada smartphone kalian.

Cara mengatasinya adalah dengan menyesuaikan ruang kapasitas dari smartphone kalian. Kemudian kalian dapat menyeleksi aplikasi yang tidak pernah digunakan dengan cara menonaktifkannya.

Terkadang aplikasi yang diaktifkan tetapi sama sekali tidak digunakan akan membuat kapasitas memori internal kalian menjadi penuh. Sehingga hal ini membuat performa smartphone kalian menjadi kurang bagus dan lemot.

Maka disini uPonsel  sarankan untuk bijak dalam menggunakan dan menentukan aplikasi pada smartphone kalian. Instal aplikasi yang penting saja dan nonaktifkan aplikasi yang kurang mendukung dengan kinerja hp kalian.

3. Baterai Sudah Tidak Normal

Jika kalian ketahui smartphone juga memiliki kadaluwarsa dalam masa pemakaiannya. Namun ini tidak sama seperti kadaluwarsa pada produk makanan ataupun produk jenis yang lainnya.

Masa kadaluwarsa atau jika didunia teknologi disebut kinerja pada sebuah smartphone biasanya kurang lebih 2 sampai 3 tahunan. Sering kali material yang diserang adalah baterai dari smartphone tersebut.

Jika baterai smartphone kalian sering panas dan kemudian di susul dengan performa yang menurun. Maka awal mula terjadinya masalah tersebut  adalah dikarenakan proses pengisian daya yang terlalu lama dan sering kali menunggu baterai habis baru di charge.

Jika kalian masih menggunakan mindset dalam merawat smartphone seperti itu maka rubahlah dari sekarang. Ketika baterai handphone sudah berada di persentase 25% lakukanlah pengisian daya.

Selain itu jika pengisian daya sudah berada di persentase 95% maka disarankan untuk mencabutnya jangan sampai dilebihkan menjadi 100%.

4. Penurunan Performa RAM dan Memori Flash Storage

Sama halnya dengan penurunan daya pada baterai yang barusan kami bahas sebelumnya. Lamanya pemakaian smartphone pasti akan mempengaruhi performa dari RAM dan juga memori storage.

Maka disini kami sarankan untuk tidak menginstal ataupun menggunakan aplikasi yang memiliki kapasitas yang berat. Sehingga kalian cukup menyesuaikan berapa kapasitas dari RAM pada smartphone.

Dikarenakan kecepatan dan performa dari smartphone kalian sangat berpengaruh dengan RAM dan juga Memori Flash Storage. Kalian dapat menyesuaikan dengan kegiatan yang sering dilakukan ketika menggunakan smartphone.

  Spesifikasi Handphone Oppo Harga Dibawah 2 Jutaan

Misalkan kalian memiliki usaha Onlineshop maka pilih RAM yang kapasitasnya cukup besar supaya dapat menyimpan gambar serta aplikasi yang banyak. Namun jika digunakan hanya untuk kepentingan pribadi dan tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Kalian cukup menggunakan smartphone yang RAM nya kecil dan tidak harus memiliki kapasitas memori yang besar. Kesimpulannya kalian sesuaikan smartphone dengan kebutuhan yang akan dijalani.

5. Memasang System Operasi Yang Tidak Sesuai

Cara mengatasi hp lemot yang nomor 5 adalah dengan memperhatikan proses upgrade dari System Operasi dalam smartphone kita. Biasanya smartphone akan melakukan updrage ketika system lawas memiliki sudah tidak dapat digunakan lagi di smartphone kita.

Sehingga supaya performa hp kalian tetap stabil cukup untuk menginstal game-game tidak berguna dan aplikasi yang jarang dibuka. Karna hal tersebut dapat membuat smartphone kalian lambat dan baterai cepat panas.

6. Hapus Aplikasi Antivirus Yang Tidak di Gunakan

Jika kalian merupakan pengguna hp samsung maka pasti sering kali mengalami hp lemot bukan..? Hal tersebut dikarenakan banyaknya aplikasi bawaan yang tersedia di dalam nya.

Namun kesalahan pengguna sering kali melakukan instalasi aplikasi antivirus untuk mengatasi aplikasi bawaan hp samsung tersebut. Padahal yang dilakukan merupakan langkah dan pilihan yang salah dalam mengatasi hp lemot.

Langkah terbaik untuk mengatasi hp samsung lemot adalah dengan menggunakan satu aplikasi antivirus saja. Yang dimana fungsi dari aplikasi antivirus tersebut adalah dapat menangkal Malware yang dapat menyerang perangkat smartphone.

7. Hapus Cache Secara Berkala

Pasti jika kamar mu terasa sesak dan sempit hal tersebut dikarenakan banyaknya barang yang tersimpan, sama hal nya seperti smartphone kalian. Jika kamar kalian ingin terasa nyaman dan luas maka langkah yang kalian lakukan adalah dengan membuat barang yang tidak berguna dan membersihkannya bukan..?

Hal tersebut juga harus dilakukan pada smartphone kalian supaya tidak terjadi masalah hp lemot. Salah satu sampah yang sering muncul pada smartphone adalah File Cache yang ada pada aplikasi-aplikasi.

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA :

Maka jika cache sudah penuh lakukan penghapusan secara berkala baik itu beberapa hari ataupun jam sekali. Langkah-langkah untuk menghapus cache adalah masuk ke menu Setting > Aplikasi > Semua kemudian kalian dapat mencari aplikasi yang akan dibersihkan cache nya.

Setalah itu kalian klik Clear Cache atau kalian juga dapat menggunakan langkah ini masuk ke Menu> Setting > Storage > Cached Data > muncul Pop-up Klik OK. Maka seluruh cache yang ada pada aplikasi tadi akan terhapus semuanya.

8. Matikan Sistem Animasi Pada Android

Langkah terakhir cara mengatasi hp lemot adalah dengan mematikan beberapa sistem animasi pada smartphone atau android kalian. Dikarenakan pergerakan animasi tersebut dapat menguras kapasitas memori internal begitu banyak.

Contohnya sistem animasi adalah animasi bergerak pada bagian tertentu yang dimana selain dapat membuat hp lemot juga dapat menguras daya baterai. Maka disini saya sarankan untuk tidak menggunakan atau bisa mengurangi animasi pada android kalian.

Kesimpulan :

Cara mengatasi hp lemot di atas merupakan langkah pertama sebelum kalian bawa ke tukang service terdekat. Jika salah satu permasalahan diatas ada pada smartphone kalian dan kemudian kalian peraktekkan dengan baik.

Setelah itu terbukti berhasil, maka masalah hp lemot dapat kalian atasi tanpa harus mengeluarkan uang sepersen pun. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan informasi yang positif bagi pembaca, Kami ucapkan terima kasih..

error: This content is protected by DMCA