Cara Charge Power Bank Yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Charge Power Bank Yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa saat ini perangkat Android seperti smartphone dan tablet telah dianggap sebagai kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian masyarakat yang hidup di jaman modern ini. Perangkat berbasis Android memang telah mampu melakukan berbagai macam hal yang beragam sehingga sangat membantu aktivitas keseharian yang biasa dilakukan. Perangkat Android yang digunakan secara terus menerus tentu saja akan menguras daya baterainya sehingga harus segera dicharge.

Melakukan charging atau pengisian daya baterai kini menjadi jauh lebih mudah dan praktis berkat adanya power bank karena Anda tidak lagi harus diam di satu tempat hanya untuk melakukan charging. Keberadaan power bank tentu saja sangatlah berguna bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan ataupun sering bepergian. Namun selama ini masih banyak masyarakat yang salah dalam melakukan pengisian daya power bank sehingga menjadikannya mudah rusak, oleh karena itu berikut ini akan kami ulas cara charge power bank yang benar.

panduan cara charge power bank yang benar agar tidak mudah rusak » Cara Charge Power Bank Yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Panduan Cara Charge Power Bank Yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

  1. Perhatikan Lampu Indikatornya

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar tidak salah dalam mengecharge power bank adalah memperhatikan lampu indikatornya. Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap produk power bank pasti memiliki lampu indikator yang menunjukkan daya baterai yang ada di dalamnya. Apabila lampu indikator di power bank sudah menunjukkan penuh, maka Anda harus segera mencabutnya.

  1. Charge Menggunakan Stop Kontak

Saat ini masih ada banyak orang yang melakukan charging power bank menggunakan port USB di komputer ataupun laptop dengan alasan lebih praktis, padahal cara yang satu ini keliru dan akan membuat umur power bank menjadi lebih pendek karena arus listrik yang tidak stabil. Alangkah baiknya apabila Anda melakukan pengisian daya power bank langsung menggunakan stop kontak.

  1. Charge di Tempat Yang Aman

Cara ketiga yang juga harus dilakukan untuk melakukan charging power bank yang benar adalah mekakukannya di tempat yang aman. Yang dimaksud dengan tempat yang aman di sini adalah tempat yang tidak beresiko membuat power bank terinjak seperti misalnya di lantai, atau malah di tempat yang tinggi sehingga membuat power bank beresiko untuk jatuh sehingga bisa membuatnya rusak.

  1. Tidak Mengecharge di Bawah Sinar Matahari

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan pada saat mengisi daya power bank adalah tidak melakukannya di bawah sinar matahari. Hal yang satu ini sangatlah penting untuk Anda perhatikan karena power bank yang terkena sinar matahari langsung akan bisa membuat suhu power bank menjadi lebih panas, jika hal ini sering dilakukan maka akan bisa merusak baterai yang ada di dalam power bank.

  1. Perhatikan Arus Power Bank

Hal lainnya yang juga harus Anda lakukan untuk mengisi daya power bank yang benar adalah memperhatikan arus power bank. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa pada umumnya power bank memiliki dua konektor output yang berbeda yakni 1 Ampere dan 2 Ampere di mana perbedaan output ini akan sangat berpengaruh terhadap lama tidaknya waktu yang dibutuhkan oleh power bank untuk mengisi dayanya.

Masih ada banyak sekali pengguna power bank yang masih keliru dalam melakukan charging, hendaknya Anda mengikuti beberapa cara yang ada di atas agar power bank tetap awet.