Bagaimana Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot dan Panas?

Uponsel.com-Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot dan Panas-Menggunakan smartphone secara berlebihan akan menimbulkan banyak masalah pada smartphone, seperti baterai cepat habis dan handphone cepat panas.Begitu pula dengan smartphone Oppo. Oppo sendiri merupakan salah satu smartphone yang paling banyak digunakan di Indonesia

Umumnya pengguna yang mengeluhkan ponsel lambat kebanyakan adalah pengguna yang menggunakan ponsel mid-range dan low-end. Namun, ini tidak berarti bahwa pengguna ponsel high-end tidak memiliki masalah sama sekali.

charger phone

Meskipun Anda memiliki ponsel OPPO dengan spesifikasi tinggi, tetapi cara Anda menggunakannya tidak benar, Anda akan tetap mengalami pelambatan pada ponsel Anda.

Ada banyak hal yang menyebabkan ponsel Oppo Anda cepat panas, seperti penggunaan aplikasi android yang berlebihan apalagi jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang berat seperti gaming, penggunaan ponsel saat charging dan lain-lain.

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot dan Panas

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ponsel OPPO Anda cepat panas. Beberapa alasan ini mungkin sering Anda temui dan Anda harus menghindarinya mulai sekarang. Berikut ulasan cara mengatasi HP OPPO dan Panas

Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan

Jika ada aplikasi yang tidak digunakan akan lebih baik jika Anda menutupnya agar ponsel tidak mudah panas. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan, tidak hanya akan memanas tetapi juga menjadi lambat. Selain itu, cara ini dimaksudkan agar baterai tidak cepat habis.

Lepaskan Penutup/Pelindung Ponsel

Saat mengisi daya baterai atau menggunakan ponsel dalam waktu lama, kemungkinan besar akan membuat ponsel menjadi panas. Copot semua pelindung ponsel

Jangan Gunakan Ponsel Saat Baterai Sedang Diisi

Masih banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk yaitu baterai HP lebih cepat membengkak.
Kurangi kecerahan layar ponselRedupkan layar ponsel Anda atau aktifkan Auto-Fitness dengan masuk ke [Pengaturan] > [Tampilan & Kecerahan]

Kurangi Penggunaan Animasi dan Tema

Beberapa pengguna mungkin bosan dengan antarmuka bawaan OPPO. Benar sekali, antarmuka OPPO sangat bagus, intuitif, dan ramah. Namun seringkali beberapa pengguna berkeinginan untuk menggantinya dengan tema yang lebih eye-catching.

Tidak ada batasan untuk menambahkan efek animasi dan tema ke ponsel OPPO. Ponsel OPPO sendiri juga tersedia dengan aplikasi Tema sehingga pengguna dapat memilih tema dan wallpaper favorit mereka.

Animasi dan tema juga membutuhkan konsumsi baterai dan ram yang tinggi, akan lebih baik menggunakan konsumsi baterai dan ram dari sistem dan aplikasi.

Hapus Cache

Sederhananya, cache adalah file sementara di ponsel Anda. Biasanya saat menjelajah, cache Anda akan terus bertambah seiring bertambahnya jumlah halaman web yang Anda buka.

Memainkan game dan membuka aplikasi dapat meningkatkan ukuran cache di ponsel Anda. Tentu saja cache akan memakan ruang di memori Anda, tergantung pada jumlahnya

  • Buka aplikasi Phone Manager di ponsel OPPO Anda
  • Pilih Clean & Speedup
  • Tunggu hingga proses cache selesai
  • Klik Bersihkan
  • Selesai

Update Sistem dan Aplikasi

Beberapa pengguna mungkin berpikir bahwa pembaruan sistem dan aplikasi menyebabkan memori internal terisi. Betul, di update sistem dan aplikasi ada file tambahan di memori internal. Tetapi perhatikan bahwa pembaruan sistem dan aplikasi juga membawa perbaikan bug dan peningkatan kinerja.

Artinya, saya tetap menyarankan untuk melakukan pembaruan jika pembaruan tersedia. Jika Anda merasa memori internal tidak cukup untuk memperbarui, pindahkan data di memori internal ke memori eksternal.

  • Pertama, buka menu pengaturan ponsel OPPO Anda
  • Pilih Pembaruan Perangkat Lunak
  • Perbarui ColorOS saat versi baru tersedia
  • Selesai
  Spesifikasi Oppo Reno4 F Dibekali Kamera 48 MP Helio P95

Ganti Baterai

Sekiranya baterai ponsel oppo anda rusak karena sering mati karena baterai habis dan juga membengkak. Sebaiknya segera ganti baterai, karena baterai yang rusak akan sangat mudah panas.

Jangan Pakai Wifi

Meskipun wifi gratis tetapi jika jaringan tidak ditangkap oleh ponsel Anda, ponsel akan mencari wifi secara otomatis. Hal inilah yang membuat ponsel Android Anda cepat panas.

Matikan fitur yang Tidak Digunakan

Matikan koneksi nirkabel seperti data seluler, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan koneksi lain yang tidak digunakan di Pengaturan.

Tutup Aplikasi Latar Belakang

Ketuk tombol Menu di bagian bawah layar ponsel Anda lalu ketuk [X] atau [Tutup Semua] untuk menutup semua aplikasi di latar belakang ponsel Anda.

Matikan Aplikasi Online

Salah satu upaya menyiasati ponsel yang lemot dan panas dengan mudah adalah dengan mematikan aplikasi yang terhubung dengan internet.

Salah satu contohnya adalah ketika Anda ingin melakukan perjalanan jauh dan Anda mengaktifkan google maps, aplikasi akan berjalan, jika Anda mencapai tujuan, aplikasi harus segera dimatikan.

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai untuk ponsel Android tersedia di google playstore dan banyak pengguna Android telah menginstalnya. Silakan gunakan aplikasi tersebut untuk menghemat baterai dan mempercepat pengisian baterai.

Nonaktifkan Sinkronisasi

Silakan pilih fitur atau aplikasi tertentu yang paling sering Anda gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Dengan menonaktifkan sinkronisasi, ponsel Anda tidak akan mudah panas.Berikut caranya

  • Pergi ke pengaturan
  • Pilih “Pengguna dan Akun”
  • Kemudian matikan “sinkronkan data akun pribadi”
  •  Selesai

Ini akan berhenti menyinkronkan dengan Google atau server lain secara otomatis. Hapus centang pada fitur atau aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Dampak notifikasi dari aplikasi tidak terlalu besar, tetapi Anda dapat menerapkannya untuk meningkatkan upaya Anda dalam mengatasi ponsel yang lambat dan panas.

Contoh aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi seperti ini adalah google play store dimana ketika ada aplikasi baru akan ada notifikasi untuk mengupdate aplikasi tersebut.

Factory Reset

Jika ponsel Anda memanas sendiri tanpa menggunakannya atau saat tidak mengisi daya, lakukan reset pabrik. Cadangkan dan transfer data Anda terlebih dahulu kemudian lakukan factory reset.

Factory reset akan menghapus semua data di ponsel Anda. Sebelum menghapus semua data, pastikan Anda back up terlebih dahulu data yang penting, jika tidak, Anda tidak akan dapat memulihkan data tersebut.Berikut caranya

  • Masuk ke “Pengaturan”
  • Kemudian “Pengaturan Tambahan”
  • Pilih “Cadangkan & Reset”
  • Lalu pilih Factory Reset atau reset ke setelan pabrik
  • Terakhir, pilih “Hapus Semua Data”
  • Lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk melanjutkan proses
  • Selesai

Demikian artikel mengenai bagaimana cara mengatasi Hp Oppo lemot dan panas. Jika tips diatas tidak berhasil disarankan untuk konsultasi atau pergi ke tempat servis hp atau anda dapat mengunjungi service center resmi OPPO. Semoga bermanfaat

Originally posted 2022-04-20 09:28:01.

error: This content is protected by DMCA