Asus Zenfone 6, Smartphone Dengan Desain Kamera Flip

Asus Zenfone 6 sudah diluncurkan secara global pada bulan Mei 2019. Namun sayangnya, sampai saat ini Asus Zenfone 6 tersebut belum juga masuk ke pasar Indonesia.

Setelah menunggu kabar cukup lama, akhirnya pihak Asus mengkonfirmasi bahwa tidak lama lagi Asus Zenfone 6 akan diboyong ke pasar Indonesia. Menurut perwakilan dari Asus, Asus Zenfone 6 paling lambat akan mulai dipasarkan di Indonesia pada akhir bulan Oktober 2019.

Lalu apakah ada perubahan spesifikasi Asus Zenfone 6 yang dipasarkan secara global dengan yang nanti akan dipasarkan di Indonesia? Selain itu, berapakah kisaran harga Asus Zenfone 6 nanti? Simak penjelasan lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Display Bersih Tanpa Notch

Salah satu hal yang paling menonjol dari Asus Zenfone 6 dibandingkan pendahulunya adalah tidak adanya notch di bagian atas.

Asus Zenfone 6 ini memang dibuat dengan desain display tanpa notch dengan layar berukuran 6.4 inch dengan screen to bodi sebesar 83.8% dan aspek rasio layar 19.5:9. Teknologi panel yang digunakan adalah IPS LCD.

Meskipun belum menggunakan panel berteknologi AMOLED, namun panel IPS LCD Asus Zenfone 6 ini sudah support dengan resolusi FHD+ atau 1080 piksel X 2340 piksel.

Selain itu, display Asus Zenfone 6 ini juga sudah dibekali dengan proteksi dari Corning Gorilla Glass 6, fitur DCI-P3 100% serta fitur HDR10. Jadi selain kuat, dipastikan display Asus Zenfone 6 sudah bisa menampilkan warna yang kontras.

Chipset, CPU, GPU, dan Juga OS Asus Zenfone 6

Karena masuk kedalam kategori smartphone flagship, sudah pasti Asus Zenfone 6 juga akan ditenagai dengan hardware kelas atas.

fitur spesifikasi harga asus zenfone 6 630x380 » Asus Zenfone 6, Smartphone Dengan Desain Kamera Flip

Pada bagian chipsetnya, Asus Zenfone 6 ini akan membawa chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang sudah diproduksi menggunakan teknologi 7 nm. Dengan menggunakan chipset Qualcomm seri tertinggi tersebut, secara otomatis Asus Zenfone 6 juga memiliki CPU 8 inti Kryo 485.

Konfigurasi dari CPU 8 intinya sendiri terdiri dari 1 inti berkecepatan 2.84 Ghz, 3 inti berkecepatan 2.42 Ghz, dan 4 inti berkecepatan 1.78 Ghz.

Dan tidak lupa, chipset Qualcomm Snapdragon 855 juga sudah dikombinasikan secara langsung dengan GPU Adreno 640.

Untuk sistem operasinya, Asus Zenfone 6 masih dibekali dengan sistem operasi Android dan sistem UI ZenUI seri 6. Namun kemungkinan besar nantinya Asus akan memberikan pembaruan sistem operasi ke sistem Android 10.

3 Pilihan Kapasitas Memori Internal dan RAM

Untuk kapasitas memori internal dan juga RAM, kemungkinan besar Asus Zenfone 6 yang akan dipasarkan di Indonesia akan hadir dalam 3 pilihan yaitu memori internal 64 GB dengan RAM 6 GB, memori internal 128 GB dan RAM 6 GB, dan memori internal 256 GB dan RAM 8 GB.

Meskipun sudah tersedia dalam pilihan kapasitas memori internal yang besar, namun kemungkinan besar Asus Zenfone 6 yang akan dijual di pasar Indonesia juga akan dibekali dengan slot memori eksternal.

Jika memang sama, maka Asus Zenfone 6 yang akan dipasarkan di Indonesia juga support dengan microSD dengan kapasitas maksimal 1 Terabyte.

Kamera Dengan Mekanisme Flip di Asus Zenfone 6

Jika berbicara mengenai Asus Zenfone 6, jelas yang dibahas sudah pasti masalah tampilan layar tanpa notch dan juga penggunaan kamera dengan mekanisme flip.

Dengan menggunakan mekanisme flip, maka baik kamera bagian belakang dan juga bagian depan Asus Zenfone 6 ini sama.

Asus Zenfone 6 ini dibekali dengan 2 buah kamera dengan sensor 48 MP wide dengan fitur PDAF dan juga laser AF serta sensor 13 MP ultrawide. 2 buah sensor kamera tersebut ditemani dengan Dual LED Flash.

2 buah kamera Asus Zenfone 6 tersebut sudah bisa merekam video dengan kualitas [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, dan juga [email protected]

Kapasitas Baterai 5000 mAh

Sejak awal, Asus memang sudah terkenal sebagai smartphone yang dibekali dengan kapasitas baterai gambot.

Jika dulu smartphone Asus dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas 4000 mAh, sekarang Asus Zenfone 6 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Bukan hanya menggendong baterai Li-Po berkapasitas besar saja, Asus Zenfone 6 juga membawa berbagai fitur canggih seperti:

  • Quick Charge 4.0
  • Reverse Charging 10W

Fitur Tambahan di Asus Zenfone 6

Selain semua hal tersebut, Asus Zenfone 6 masih memiliki beberapa fitur tambahan yang juga tidak kalah menariknya. Berikut ini adalah beberapa fitur tambahan yang dimiliki Asus Zenfone 6:

  • Dilengkapi fingerprint di cover bagian belakang.
  • Sudah menggunakan konektor USB 2.0 tipe C 1.0.
  • Setiap kamera dilengkapi dengan fitur gyro EIS.
  • Masih dibekali dengan jack 3.5 mm.
  • Juga memiliki fitur DTS Headphone X.

Jika memang sama dengan versi globalnya, Asus Zenfone 6 juga kemungkinan akan hadir dengan beberapa pilihan warna seperti midnight black dan twilight silver.

Lalu berapa kisaran harganya? Menurut perwakilan dari Asus, kisaran harga Asus Zenfone 6 tidak berbeda jauh dengan pendahulunya Asus 5Z yaitu di kisaran harga 8 jutaan Rupiah.