Always On Display, Fitur Oke di Smartphone Zaman Sekarang

Jika diperhatikan lebih teliti lagi, ada banyak sekali fitur-fitur yang sekarang mulai cukup sering disematkan di dalam smartphone baru.

Salah satu fitur yang mulai cukup sering disematkan di smartphone zaman sekarang adalah fitur always on display. Fitur AOD (always on display) tersebut memang sebenarnya bukanlah fitur baru.

Fitur tersebut sudah cukup lama digunakan di ponsel Nokia jaman dulu. Namun setelah itu, fitur AOD mulai ditinggalkan. Fitur AOD tersebut baru mulai populer lagi setelah digunakan pada Samsung Galaxy S7.

Lalu sebenarnya apakah fitur AOD atau always on display itu benar-benar bermanfaat untuk pengguna smartphone jaman sekarang? Bagi anda yang ingin tau lebih detail mengenai fitur always on display tersebut, anda bisa baca penjelasannya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Fitur Always On Display di Smartphone?

Sebagian besar dari anda mungkin masih belum jelas mengenai apa yang dimaksud dengan fitur always on display. Pasalnya, memang fitur always on display tersebut baru mulai populer digunakan pada smartphone high end.

Namun sebenarnya, fitur always on display sudah bisa digunakan di semua jenis smartphone, terutama smartphone dengan sistem operasi Android. Pasalnya, sudah ada banyak aplikasi always on display yang bisa diunduh secara gratis di Playstore.

pahami fitur smartphone always on display 630x380 » Always On Display, Fitur Oke di Smartphone Zaman Sekarang

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan fitur always on display tersebut? Yang dimaksud dengan fitur always on display tersebut adalah satu fitur yang mencegah layar smartphone masuk dalam mode sleep sepenuhnya.

Jadi ketika fitur always on display ini diaktifkan, maka secara otomatis layar smartphone akan terus menyala tanpa backlight. Ketika fitur always on display ini diaktifkan, maka layar smartphone bisa menampilkan berbagai macam informasi penting seperti daya baterai, tanggal, jam, dan masih banyak lagi.

Fitur always on display ini juga menjadi salah satu pengganti dari fitur LED notifikasi yang sudah dirasakan terlalu kuno untuk smartphone jaman sekarang.

Apa Kelebihan Mengaktifkan Fitur Always On Display di Smartphone?

Lalu apa kelebihan mengaktifkan fitur always on display di smartphone? Apakah fitur tersebut benar-benar memiliki banyak kelebihan?

Ternyata, fitur yang tampaknya sangat sederhana tersebut bisa memberikan banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Memudahkan pengguna smartphone untuk melihat notifikasi penting tanpa harus menyentuh smartphone

Dengan mengaktifkan fitur always on display, pengguna smartphone menjadi lebih mudah mengetahui notifikasi terbaru di smartphone tanpa harus menyentuh smartphone.

  • Mengurangi risiko layar smartphone mengalami burn in

Selain bisa mempermudah pengguna dalam melihat berbagai notifikasi penting di dalam smartphone, fitur always on display juga punya kelebihan untuk mengurangi risiko layar smartphone mengalami burn in.

Kenapa fitur always on display bisa mengurangi risiko layar smartphone mengalami burn in? Hal tersebut disebabkan karena ketika fitur always on display diaktifkan, LED pada layar smartphone akan dimatikan.

Selain itu, pixel pada panel smartphone juga bisa bekerja secara bergantian. Pasalnya, apa yang ditampilkan di layar saat smartphone dalam mode sleep dan saat smartphone dalam kondisi ON itu berbeda.

Oleh sebab itulah, secara otomatis fitur always on display sedikit banyak dapat mengurangi risiko panel smartphone sampai mengalami burn in.

  • Memberikan kesan elegan pada smartphone

Seperti yang sudah disebutkan, fitur always on display memang adalah fitur yang baru tersedia secara default di smartphone high end.

Oleh sebab itu, jika smartphone anda menggunakan fitur always on display tersebut, secara otomatis tampilan smartphone andapun akan terasa lebih elegan.

Kekurangan Fitur Always On Display di Smartphone Jaman Sekarang

Fitur always on display memang bisa memberikan banyak kelebihan bagi pengguna smartphone di zaman sekarang.

Namun demikian, fitur tersebut juga punya kekurangan. Salah satu kekurangan dari mengaktifkan fitur always on display di smartphone adalah konsumsi daya baterai akan sedikit lebih banyak dari biasanya.

Hanya saja, beberapa smartphone terbaru mulai memaksimalkan fitur always on display tersebut. Karena sudah mulai dimaksimalkan, maka banyak banyak smartphone yang hanya membutuhkan daya baterai sebesar 3% saja untuk bisa mengaktifkan fitur always on display per harinya.

Jadi jika dibandingkan dengan semua kelebihan yang bisa didapatkan, apakah anda cukup rela untuk menggunakan 3% daya baterai untuk mengaktifkan fitur always on display di smartphone anda?